Sukses

Anda Bisa Jadi Tukang Ramal Kesehatan Sendiri

Apakah Anda dalam kesehatan yang bagus? Kalau menjawab 'ya', maka kemungkinan besar memang benar.

Liputan6.com, Pittsburgh - Apakah Anda dalam kesehatan yang bagus? Kalau menjawab 'ya', maka kemungkinan besar memang benar. Menurut sebuah studi baru menunjukkan kalau seseorang yang bisa memprediksi kesehatan kita paling baik adalah diri sendiri.

Dipublikasikan dalam jurnal Psychosomatic Medicine, studi ini menemukan bahwa orang sehat yang menilai kesehatan mereka dengan bagus mungkin punya fungsi sistem kekebalan yang lebih buruk dan rentan terserang flu, kebalikan dari mereka yang kurang menilai kesehatan sendiri.

Dikutip dari laman Medical News Today, pada Minggu (15/11/2015) lalu, Sheldon Cohen, penulis studi, mengatakan kalau penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang yang menilai kesehatannya tidak baik adalah tukang ramal kesehatan yang buruk, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Cohen yang berasal dari Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial di Carnegie Mellon University di Pittsburgh mengemukakan bahwa hubungan tersebut didasari karena orang cenderung menilai diri mereka sebagai sehat jika mereka bergaya hidup sehat.

Dalam studi terbaru ini, riset Cohen dan rekan-rekannya berangkat dari hubungan penilaian diri tentang kesehatan anak muda dan orang dewasa yang sehat bisa memprediksi respon imun mereka, dan apakah hasilnya dapat dijelaskan dengan faktor sosio-emosional atau gaya hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.