Sukses

Tanda Gigi Ada yang Bolong dan Karang Gigi Selalu Muncul

Liputan6.com, Jakarta Gigi cenderung hitam adalah tanda gigi ada yang bolong. Pada gigi belakang, biasanya akan terlihat bercak-bercak hitam. Sedangkan gigi depan yang menghitam juga bisa diakibatkan karang gigi.

Menurut dokter gigi dari Difa Oral Health Center (DOHC), Alveolie Gabriella, bolong kecil seperti itu adalah tahapan untuk menjadi bolong besar.

"Karang gigi terjadi karena air liur di dalam mulut kita tidak cocok dengan pasta gigi yang kita pakai. Terbentuklah karang gigi. Solusinya, ganti pasta gigi," kata Alveolie kepada Health Liputan6.com, Senin (9/11/2015)

Contoh kasus, jika ada apasien yang sudah membersihkan karang gigi, sudah terlihat bersih, lalu seminggu kemudian muncul tanda-tanda awal berupa bercak-bercak hitam atau sudah ada sedikit karang gigi di dekat gusi, itu adalah tanda pasta gigi tidak cocok.

"Untuk menentukan pasta gigi mana yang tepat, istilahnya harus mencoba-coba semunya. Kita nggak bakal tahu kandungan di dalam pasta gigi yang satu dan yang lain cocok tidak dengan kita. Karena air liur tiap orang berbeda-beda," kata Alveolie.