Sukses

5 Sayur yang Baik untuk Ginjal

Liputan6.com, New Delhi Organ tubuh ini berperan penting untuk mengurangi kadar air berlebih dan membuang limbah dari tubuh. Selain itu, ginjal menghasilkan berbagai hormon yang membantu mengontrol tekanan darah dan secara tidak langsung membuat tulang kuat.

Salah satu masalah kesehatan terkait ginjal yakni batu ginjal. Hal ini terjadi karena mineral berlebihan terakumulasi dalam tubuh. Untungnya, mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur dapat mengatasi hal ini. Berikut beberapa makanan bagi ginjal seperti dilansir Boldsky, Senin (24/8/2015).

1. Kubis
Bagi yang memiliki masalah pada ginjal, kubis merupakan sayuran yang tepat karena rendah kalium. Selain itu, sayuran yang juga nikmat disantap mentah sumber Vitamin K, Vitamin C, serta fotokemikal yang bisa melawan kanker.

2. Kembang kol
Sayur ini paling dikenal ramah untuk ginjal karena mengurangi peradangan dan oksidasi sehingga membantu kembali berfungsinya organ ini. Serat dalam kembang kol juga tinggi baik untuk memerangi diabetes dan penyakit jantung.

3. Bawang putih
Dikenal sebagai antioksidan dan membantu mengurangi peradangan di ginjal. Juga baik untuk mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh.

4. Wortel
Bagi yang memiliki masalah ginjal kronis disarankan mengonsumsi makan makanan yang mencegah hipertensi. Wortel merupakan salah satu sayuran yang tepat untuk hal tersebut. Selain itu, wortel juga membantu mengontrol diabetes yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal.

5. Bawang merah
Bawang merah baik bagi mereka yang fungsi ginjalnya sudah menurun. Serta membantu mengurangi kekentalan darah. Juga membantu mencegah kristalisasi dan pertumbuhan batu ginjal.

Loading