Sukses

Yuk, Ramu Jamu Kunyit Asam Sendiri

Kunyit asam merupakan salah satu ramuan khas Indonesia yang diketahui dapat melancarkan haid.

Liputan6.com, Jakarta Haid atau datang bulan tak teratur menjadi masalah tersendiri bagi kaum perempuan setiap bulannya. Apakah masalah hormon atau masalah lainnya, membuat perempuan mengalami haid secara tidak teratur.

Kunyit asam merupakan salah satu ramuan khas Indonesia yang diketahui dapat melancarkan haid. Selain itu, rutin mengonsumsi kunyit asam dipercaya ampu menurunkan berat badan, karena dapat menekan nafsu makan berlebih.

Berikut resep ramuan kunyit asam yang dapat diolah sendiri dikutip dari buku Resep Sehat & Ayu dengan Ramuan Tradisional Jawa pada Minggu (14/6/2015)

Bahan

2 jari kunyit

5 biji asam

Seujung sendok

Cara membuat

Kupas dan cuci bersih kunyit, kemudian parut. Setelah itu, berikan segelas air matang dan aduk rata. Saring. Beri air asam dan gula aren secukupnya. Minum ramuan ini satu kali sehari.

Khasiat

Buah asam yang mengandung beragam asam seperti asam tarrat, asam malat, asam askorbat, asam sitrat, dan asam laktat berkhasiat melancarkan peredaran darah sehingga haid lancar. Kunyit berguna membantu melancarkan keluarnya haid. Selain untuk melancarkan haid, kunyit asam juga bermanfaat menghilangkan nyeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini