Sukses

Nyalakan Lampu Saat Mau Tidur Bikin Gemuk, Lho

Ilmuwan menemukan, paparan cahaya saat hendak tidur bisa memicu kegemukan.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Amerika cukup menarik. Ilmuwan menemukan, paparan cahaya saat hendak tidur bisa memicu kegemukan.

Seperti dilansir dari Dailymail, Jumat (15/5/2015) para ilmuwan percaya, cahaya di malam hari, termasuk terang lampu jalan yang masuk melalui tirai dan cahaya smartphone bisa menambah berat badan.

"Percobaan yang dilakukan pada tikus ini menunjukkan, paparan cahaya 24 jam sehari selama lima minggu menyebabkan binatang ini 50 persen lebih gemuk. Mungkin cahaya bisa mengganggu jam biologis tubuh dan memperlambat proses pembakaran kalori," kata peneliti.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh tim yang sama dari Leiden University menunjukkan, tikus yang diberi pencahayaan konstan cenderung lebih gemuk dibandingkan tikus yang diberi lampu sedikit.

Peneliti dari Leiden University Medical Center, Patrick Rensen mengatakan, paparan cahaya di malam hari juga kerap dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti stres dan kanker. Maka itu, dia menyarankan untuk mematikan lampu sebelum tidur.

Penelitian yang dipublikasikan dalam journal Proceedings of the National Academy of Sciences ini juga menuliskan pentingnya melakukan kebiasaan sederhana seperti mematikan ponsel untuk menghindari paparan radiasi dan ritme biologis seseorang saat mengecek pesan di tengah malam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.