Sukses

Manfaat Hipnobirthing untuk Bayi

Bukan hanya ibu saja lho yang mendapatkan manfaat hypnobirthing, keuntungan pun dirasakan bayi yang dilahirkan.

Liputan6.com, Jakarta Keuntungan hypnobirthing biasanya dirasakan para ibu yakni menjalani persalinan nyaman dengan menggunakan bantuan hipnosis. Namun bukan hanya ibu saja lho yang mendapatkan manfaat hypnobirthing, keuntungan pun dirasakan bayi yang dilahirkan.

Dalam buku The Conny Method yang ditulis oleh terapis hipnosis Conny Widya dan Agus Wirajaya menuliskan manfaat hipnosis dalam persalinan atau hypnobirthing yakni:

1. Bayi cenderung lebih tenang, rileks, nyaman dan mudah menyesuaikan diri. Hal ini disebabkan ibu yang sering mempelajari rileksasi dan masuk kondisi hipnosis menjadi tenang dan nyaman sehingga berdampak pada bayi ikut tenang dan nyaman.

2. Jika bayi dilahirkan dengan normal atau alami yakni melalui vagina akan minim mengalami trauma. Bayi yang lahir dengan proses normal memiliki waktu yang cukup untuk peralihan pernapasan dari plasenta menggunakan paru-paru dan peralihan gelap ke terang. Sehingga ia tidak kaget dan tidak trauma.

3. Bayi mendapatkan pasokan ASI lebih lancar. Ibu yang mempelajari hypnobirthing diajarkan untuk rileks, sehingga pada saat melahirkan ia merasakan kenyamanan. Tubuh bisa beristirahat dengan kondisi emosi yang baik sehingga hal ini berpengaruh terhadap produksi ASI.

4. Lagi-lagi, ibu yang rileks dan kondisi emosi yang baik membuat bayi nyaman dengan orangtuanya. Kedekatan ibu dan bayi pun sangat baik.

Keuntungan hypnobirthing lainnya bisa dibaca selengkapnya dalam buku The Conny Method ini. (Baca Juga: Conny Method, Bersalin Jadi Makin Menyenangkan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini