Sukses

Kunci Rahasia Panjang Umur Hingga 100 Tahun

Aktivitas fisik dan sering makan kacang-kacangan buat masyarakat di Sardinia, Italia panjang umur.

Liputan6.com, New York- Di salah satu wilayah terpencil di Italia bernama Sardinia, masyarakatnya banyak yang hidup panjang umur hingga 100 tahun. Lalu, apa kunci agar bisa hidup hingga umur tersebut?
 
Berdasarkan pengamatan Dan Buettner dalam National Geographic yang juga pendiri acara “The Blue Zones Solution: Eating and Living Like the World's Healthiest People” ada beberapa hal yang membuat warga di wilayah ini panjang umur.
 
Perpaduan antara genetik panjang umur dan gaya hidup membuat banyak orang di wilayah ini jadi panjang umur. 
 
"Aktivitas masyarakat di Sardinia sebagian besar membuat mereka untuk aktif bergerak," papar Buettner. 
 
Paling tidak masyarakat Sardinia melakukan aktivitas fisik 20 menit per hari. Seperti saat mereka mengunjungi tetangga, berkebun, menguleni roti dengan tangan mereka sendiri. "Hal-hal tersebut merupakan hal-hal yang biasa dilakukan tanpa adanya paksaan atau kedisiplinan," terang Buettner.
 
Faktor lain yang penting adalah kebiasaan mengonsumsi kacang-kacangan. "Mereka setiap hari mengonsumsi kacang-kacangan. Jika makan kacang satu cangkir per hari bisa menambah harapan hidup hingga dua tahun," ungkap Buettner seperti dikutip Today, Sabtu (11/4/2015).
 
Gaya hidup sehat ini membuat masyarakat di sini terhindar dari aneka penyakit yang memperpendek umur seperti kanker, demensia, penyakit jantung dan diabetes. Mereka pun bisa hidup panjang umur hingga tua tanpa penyakit yang menyiksa.
 
 
Baca Juga:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini