Sukses

Waspada, Sakit Gigi Bisa Berujung Kanker

Liputan6.com, Jakarta Pakar kesehatan gigi dan mulut Rumah Sakit Gigi dan Mulut Royal Dental Hospital Drg Johanes Hendri SpBm MKes meminta masyarakat mewaspadai kanker yang bermula dari gigi yang sakit.

"Masyarakat perlu waspada dengan sakit gigi, karena permasalahan gigi yang kompleks bisa menyebabkan kanker mulut," ujar Johanes dalam konferensi pers di Serpong, Tangerang, Banten, Selasa.

Penyebab sakit gigi, lanjut dia, tidak hanya persoalan gigi berlubang atau karies. Gigi berlubang yang mengalami infeksi bisa menyerang jantung, gangguan pernafasan, stroke, dan otak.

Gigi berlubang juga dapat meningkatkan stroke lebih dari 50 persen pada usia 25-54 tahun. Sementara, bagi penderita diabetes mempunyai kemungkinan tiga kali menderita penyakit gusi.

Selain itu, kanker juga bisa terjadi di mulut. Kanker menyerang jaringan lunak dan keras. Upaya penyembuhannya dengan kemoterapi.

"Kanker pada mulut bisa dideteksi dari ronsen. Jika ada benjolan di rahang, kemungkinan besar tumor yang dikhawatirkan bisa berlanjut ke kanker," terang dia.

Gigi berlubang disebabkan karena adanya pengikisan email gigi oleh bakteri penyebab gigi berlubang "Mutans Streptoccoci".

"Bakteri itu mengubah sisa-sisa makanan yang tersisa pada gigi menjadi senyawa asam."

Oleh karena itu, lanjut dia, sebelum permasalahan pada gigi merambat ke organ lainnya, ada baiknya masyarakat m enjaga kesehatan gigi dan mulut.

"Setiap enam bulan sekali, harus dilakukan pengecekan pada gigi untuk mencegah terjadi kerusakan gigi," imbuh dia.