Sukses

Umur 9 Tahun Bisa Kena Kanker Testis

Banyak yang mengira kanker testis hanya menimpa para pria berusia lebih dari 40 tahun, tapi seorang bocah asal Inggris terkena kanker ini.

Liputan6.com, New York - Seorang bocah asal Inggris berusia 9 tahun didiagnosa dengan kanker testis. Para dokter yang menangani dan pakar kesehatan Amerika Serikat meyakini bahwa Jack Bristow adalah pria termuda yagn mengalami kanker jenis ini.

Seperti dilansir NY Daily News, Minggu (22/2/2015) Jack telah menjalani operasi pengangkatan testis kanan dan menjalani beberapa putaran kemoterapi. Biasanya kanker yang bernama seminoma ini menyerang pria yang usianya empat kali lipat dari umurnya.

"Anak kami telah lalui begitu banyak hal dalam waktu singkat. Ini masih nampak seperti tidak nyata," ungkap orangtua Jack dalam laman kampanye penggalangan dana untuk pasien kanker lainnya.

"Dia sangat berani dan kuat. Berbagai tes ia jalani hingga akhirnya testisnya diangkat," tambah orangtuanya lagi.

Kondisi kanker testis pertama kalinya diketahui pada Desember tahun lalu. Usai bermain football di sekolahnya, lalu ia merasa testis kanannya bengkak.

Awalnya ia dan keluarga berpikir bahwa hanya radang. Namun saat diperiksakan ke dokter, kemudian dilakukan biopsi diketahui bahwa adanya pertumbuhan abnormal pada testis kanan didiagnosis dengan seminoma. Kanker jenis ini biasanya menimpa pria berusia 30 hingga 40-an tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kanker testis merupakan penyakit akibat berkembang biaknya sel tumor ganas pada testis. Organ ini bagian dari kelenjar reproduksi pria

    Kanker Testis

Video Terkini