Sukses

Apakah Diet Dash Paling Sehat dan Tepat bagi Anda?

Liputan6.com, Jakarta Mencari diet yang tepat bukanlah hal mudah. Selain harus tahu tujuannya, sebuah diet juga harus berdasarkan bukti yang kuat. Lantas, adakah diet yang paling sehat?

Menurut pakar gizi dari Intstitut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, diet yang sejauh ini paling berhasil adalah Diet Dash (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Ini karena diet ini telah diteliti dan terbukti memiliki 4 manfaat kesehatan yaitu:

1. Pengaturan aliran darah
2. Pengaturna berat badan
3. Penurunan kolesterol
4. Gula darah

"Manfaat diet yang multi purpose seperti ini belum ada. Namun berdasarkan kajian yang dilakukan tiap tahun oleh American Heart Association, diet ini terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Kalau diet yang lain saya belum bisa merekomendasikan karena lagi-lagi evidence dan penelitiannya terbatas," kata Hardin saat ditemui usai talkshow kesehatan di kawasan Sudirman, Jakarta, ditulis Kamis (22/1/2015).

Dalam diet dash, kata Hardin, Anda perlu menurunkan sodium (termasuk garam meja) sekitar 2.300 hingga 1500 miligram sehari tergantung pada kondisi kesehatan, usia, ras dan stamina. Namun yang perlu diingat, bebagai makanan termasuk buah juga mengandung natrium, bahkan beras juga memiliki natrium.

"Intinya, bila telah memiliki tujuan tertentu seperti misalnya ingin menurunkan berat badan, atur makanan dan minuman dalam jumlah tertentu. Kalau mau langsing, kurangi porsi makan tergantung kebutuhan. Kalau mau kulitnya mulus, beda lagi. Cari vitamin E, zinc dan antioskidan. Jadi kembali lagi ingat diet tujuannya untuk apa," jelasnya.