Sukses

8 Fakta Ciuman yang Perlu Anda Ketahui

Tahukah Anda, ada beberapa fakta ciuman yang mungkin belum Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Ingat pertama kali Anda mencium pasangan? rasanya sangat aneh, mengagumkan dan seperti magis yang membuat Anda bahagia. Dalam hubungan seksual, berciuman juga merupakan foreplay yang menentukan apakah pasangan bergairah atau tidak saat akan bercinta.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa fakta ciuman yang mungkin belum Anda ketahui. Selain pencemaran bakteri misalnya, ciuman juga dapat menyebabkan ketagihan. Simak beberapa fakta mengejutkan ciuman yang tidak pernah tahu, seperti dikutip Boldsky, Jumat (16/1/2015) berikut ini:

1. Berciuman memiliki manfaat kesehatan

Bagaimana bisa ciuman berdampak bagi kesehatan? menurut sebuah penelitian, ciuman dapat dan mengurangi migrain dan membuat awet muda.

2. Berciuman bisa membakar kalori

Bukan hanya bercinta, berciuman saja diklaim sama dengan membakar kalori sekitar 1500 kalori per jam. Berbicara tentang cara berciuman, French kiss dikatakan dapat mengaktifkan 34 otot di wajah dan memberikan latihan wajah yang baik.

3. Bikin ketagihan

Kecanduan berciuman. Ya, jangan heran karena ini adalah salah satu fakta mengejutkan dari berciuman.  Saat berciuman, Endorfin dilepaskan jauh lebih kuat daripada efek morfin pada narkoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada ilmu ciuman



4. Ada ilmu berciuman

Meskipun tidak ada yang cukup tahu alasan mengapa kita mencium, tapi ternyata ada ilmu yang yang mempelajari tentang ciuman atau disebut philematology. Di sisi lain, takut berciuman disebut philemaphobia. Ketakutan bisa karena kekerasan seksual atau beberapa alasan lainnya.

5. Bibir sensitif

Bibir punya banyak ujung saraf sehingga dapat menambah gairah instan setiap kali Anda mencium pasangan.

6. Menyebarkan kuman

Penelitian belum lama ini menyebutkan kalau berciuman dapat menyebarkan ratusan kuman. Paramedis menyarankan, sebelum ciuman, mungkin perlu untuk menyikat gigi.

7. Transfer hormon

Fakta lain saat berciuman adalah laki-laki yang mentransfer hormon testosteron. Sekedar informasi, di dalam air liur pria mengandung testosteron. Dan dalam selaput lendir di mulut wanita menyerap testosteron, sehingga dapat meningkatkan gairah dan bereproduksi.

8. Bercinta berawal dari ciuman

Tidak mungkin pasangan melakukan hubungan seks dengan seorang yang tidak dapat mencium pasangannya dengan baik. Baik pria atau wanita perlu ciuman sebelum dan kalau perlu setelah sesi bercinta. Menurut psikolog, hal ini berguna untuk menjaga hubungan dalam berumah tangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini