Sukses

4 Hal yang Tak Diketahui Seputar Proses Melahirkan

Ini hal-hal yang tidak Anda ketahui mengenai proses melahirkan, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta - Memang kerap terdengar ungkapan yang berbunyi `menjadi seorang ibu merupakan momentum berharga bagi setiap wanita di seluruh dunia`. Kenyataan memang benar. Namun, ketika datang masa-masa proses melahirkan, beberapa hal akan membuat Anda merinding, kepikiran, bahkan stres.

Melahirkan secara normal memang lebih baik dibandingkan melalui operasi caesar. Sebab, operasi caesar memiliki berbagai dampak berkelanjutan seperti menaikkan berat badan, rasa nyeri di perut dan punggung selama berbulan-bulan, belum lagi kekuatan yang menurun akibat jahitan.

Meksipun demikian, melahirkan normal juga tidak berarti bisa terhindar dari hal-hal mengerikan. Beberapa hal ini bisa terjadi pada Anda saat telah mendekati tanggal jatuh tempo untuk melahirkan:

1. Buang Air Besar dan Air Kecil

Mungkin sebagian dari Anda tidak mengetahui bahwa terdapat kemungkinan Anda buang air besar atau air kecil ketika melahirkan. Dokter dan para perawat sudah terbiasa mengalami hal ini. Jadi, tidak usah panik apabila terjadi pada diri Anda.

2. Stretch Mark

Sekali muncul, stretch mark tidak akan cepat menghilang dari perut Anda. Jadi mulailah membiasakan adanya stretch mark sampai Anda berhasil menghilangkannya.

3. Tidak Dapat Tertawa

Anda tidak bisa tertawa karena hampir setiap Anda membuka mulut, Anda akan buang air kecil. Mungkin Anda harus berlatih ekstra untuk menangkal hal ini.

4. Haid Pasca Melahirkan

Usai melahirkan Anda akan melewati masa haid dalam kurun yang cukup lama hingga berbulan-bulan.

Demikian hal-hal yang tidak Anda ketahui mengenai proses melahirkan seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Selasa (13/1/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.