Sukses

Hal-hal Ini Jadi Penyebab Keputihan

Beberapa langsung menghakimi bahwa penyebab keputihan adalah kebersihan area kewanitaan, bagaimana kebenarannya?

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan lendir dari vagina atau yang biasa disebut dengan keputihan menjadi topik yang cukup sensitif bagi wanita. Beberapa langsung menghakimi bahwa penyebab keputihan adalah kebersihan area kewanitaan.

Memang benar hal ini cukup berkaitan dengan kebersihan dan perlindungan terhadap area kewanitaan seperti yang dikutip dari laman Health24, Rabu (5/1/2015), tetapi tidak terbatas pada hal itu saja.

Keputihan sebenarnya hal yang normal, bahkan menandakan bahwa bagian kanan vagina sedang dalam kondisi sehat, dengan catatan cairan lendir yang dikeluarkan berwarna bening atau putih. Tekstur pun bervariasi tergantung pada siklus ovulasi.

Setiap perubahan warna atau tekstur bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain penggunaan antibiotik, obat kontrasepsi, kencing manis, perubahan hormon, kehamilan dan menyusui, stres, atau memakai pakaian dalam yang terlalu ketat/sintetis.

Laman EverydayHealth, Rabu (5/1/2015), menyebutkan bahwa penyebab keputihan adalah infeksi jamur, Vaginosis bakteri, atau Trichomonas vaginitis.

Salah satu cara mengatasi penyebab keputihan yang mudah adalah mengganti celana dalam yang berbahan katun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini