Sukses

Menkes: Anggaran Paling Banyak Obati Orang Sakit

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan bahwa anggaran untuk penelitian tidak bisa ditambah selama masih banyak orang yang sakit.

Liputan6.com, Jakarta Mengingat anggaran kesehatan sangat terbatas, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan bahwa anggaran untuk penelitian tidak bisa ditambah selama masih banyak orang yang sakit.

"Anggaran kita paling banyak mengobati orang sakit. Nggak pernah mau pencegahan untuk hidup sehat.  Kalau seharusnya anggaran untuk orang sakit hanya 10-20 persen. Sekarang, 60-80 persen masyarakat Indonesia sakit. Mungkin 100 persennya termasuk sakit jiwa," kata Menkes di sela-sela acara Parade Penelitian Kesehatan 2014 di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (29/12/2014).

Bagaimana tidak, kata Menkes, contohnya membludaknya pasien di RS sejak era Jaminan Kesehatan Nasional ini. Banyak orang yang tidak peduli kesehatan sehingga banyak yang sakit. Maka itu anggaran kesehatan lebih banyak dihabiskan kesana.

"Kalau tidak mau berubah, uang akan habis untuk membayar orang sakit," kata Nila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini