Sukses

Saat Anak Bermasalah, Jangan Disuruh Kursus

Sejumlah orangtua beranggapan, kursus bisa memperbaiki segalanya. Padahal belum tentu

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah orangtua beranggapan, kursus bisa memperbaiki segalanya. Padahal belum tentu. Ingat, persepsi bawah sadar anak tidak selalu sama seperti orang dewasa. Pikiran anak sangat subjektif dan berbeda setiap individunya.

Begitu disampaikan Hipnoterapis Klinis, Dra. MTh. Widya Saraswati, CCH, CT saat ditemui Liputan6.com di bilangan Tebet, Jakarta, ditulis Rabu (10/12/2014).

"Sulit mengetahui persepsi anak. Bisa saja orangtua bermaksud baik dengan memaksa anak untuk ikut kursus piano walaupun anak nggak tertarik. Tapi perlu Anda ketahui kalau anak belum tentu bisa menangkap itu maksud baik orangtua. Ini karena anak masih bertindak sesuai pikiran bawah sadarnya," katanya.

Memang, kata Widya, kursus bisa mengubah perilaku tapi hanya dari luar, sedangkan emosinya belum tentu berubah.

"Bagaimanapun, kalau pikiran bawah sadarnya bermasalah, anak akan kembali ke perilakunya. Misalnya, secara pikiran sadar, anak bilang, oke mama aku berubah tapi pikiran bawah sadar bilang tidak, ya susah. Dengan memaksa anak ikut kursus ini itu, hanya akan mengubah bagian luar pikiran anak. Sedangkan pikiran bawah sadar akan lebih kuat," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini