Sukses

Menkes : Jangan Tunggu Sakit Parah Baru ke Dokter

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengimbau masyarakat untuk dapat menjaga kesehatan dan mengutamakan tindakan promotif dan preventif kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengimbau masyarakat untuk dapat menjaga kesehatan dan mengutamakan tindakan promotif dan preventif kesehatan.

"Pertama jaga kesehatan kita, itu dulu dilakukan. Kita harus sehat, harus produktif," kata Menkes usai melakukan ziarah dan tabur bunga kepada pahlawan kesehatan di TMPN Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2014.

Apalagi dengan diluncurkannya Kartu Indonesia Sehat (KIS) oleh Presiden Joko Widodo, maka Menkes berharap agar masyarakat tidak menunggu hingga sakitnya parah untuk datang ke layanan kesehatan.

"Setiap orang yang belum punya akses ke layanan kesehatan sekarang tercover (tercakup, red). Artinya mereka punya kartu, mereka bisa datang ke layanan kesehatan. Saya minta betul agar disosialisasikan agar jangan memakai kartu itu menunggu sakit dulu," ujar Nila.

Lebih lanjut, Menkes juga menganjurkan agar masyarakat terutama kaum perempuan untuk melakukan deteksi dini kesehatan.

"Jika kita agak khawatir, kita mulai dengan 'screening', deteksi dini. Jika sakit, segera diperiksakan, jangan menunggu parah," pesannya.

Menkes memimpin upacara penghormatan sebelum melakukan tabur bunga di makam dua mantan menkes yang dikuburkan di TMP Kalibata yaitu Soewardjono Suryaningrat yang merupakan Menkes periode 1978-1988 serta Sujudi sebagai Menkes periode 1993-1998.

Nila juga mengunjungi makam Hasri Ainun Habibie yang merupakan dokter mata dan istri mantan Presiden BJ Habibie.

Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November dan untuk tahun 2014 mengambil tema "Sehat Bangsaku Sehat Negeriku".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini