Sukses

4 Makanan Ini Bisa Bikin Sakit Kalau Kelebihan

Liputan6.com, Jakarta Meski sehat, keempat makanan ini bisa menyebabkan penyakit kronis. Seperti misalnya kedelai, makanan yang sering diolah menjadi berbagai macam jenis makanan ini ternyata dapat menghalangi penyerapan zat besi. Begitu juga jeruk, karena sifatnya yang asam dapat memicu refluks asam atau asam lambung.

Lebih jelasnya, berikut daftar makanan sehat yang bisa memicu penyakit, seperti dikutip Healthmeup, Senin (13/10/2014) berikut ini:

2 dari 5 halaman

Kedelai

1. Kedelai

Makanan sehat ini dianggap dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengelola tekanan darah Anda. Tapi jika dikonsumsi berlebihan, kedelai dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti menghalangi penyerapan zat besi atau menyebabkan hiperplasia endometrium (penebalan endometrium abnormal yang disebabkan oleh pertumbuhan sel yang berlebihan sehingga menyebabkan seorang wanita kurang darah). Idealnya, konsumsi kedelai hanya dua porsi per hari.

3 dari 5 halaman

Jeruk


 
2. Jeruk

Penelitian telah menemukan bahwa makan terlalu banyak jeruk dapat menyebabkan refluks asam. Tomat juga memiliki sifat yang sama, sehingga dianjurkan tidak makan lebih dari dua porsi per hari ini. Orang yang menderita maag atau asam lambung bahkan dilarang mengonsumsi buah yang asam seperti jeruk sama sekali.

4 dari 5 halaman

Bayam


 
3. Bayam

Bayam dimasak dengan direbus mungkin tidak ada masalah. Tapi makan terlalu banyak bayam mentah dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Sebisa mungkin konsumsi bayam dalam keadaan matang dan tidak berlebihan.
 
4. Bawang putih

Bawang putih adalah makanan super yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Tapi jangan salah, alih-alih ingin sehat, Anda bisa jatuh sakit lantaran bawang putih dapat menyebabkan penipisan darah dan pendarahan hebat sehingga dapat berpengaruh pada pencernaan, sakit kepala dan kelelahan.Walaupun gejala ini berbeda-beda tiap orang, namun orang sehat tidak dianjurkan mengonsumsi lebih dari empat siung per hari.

5 dari 5 halaman

Air


 
5. Air

Minum banyak air putih memang bermanfaat untuk kesehatan tapi pastikan tidak berlebihan. Mengonsumsi air berlebihan, dapat mencairkan tingkat natrium dan bisa berbahaya. Hal ini mengakibatkan fungsi otak terganggu atau kematian. Jika Anda tidak yakin berapa banyak air yang harus Anda minum, periksa urin Anda setiap kali Anda pergi ke kamar mandi. Jika warnanya kecokelatan berarti Anda kurang minum.

Loading