Sukses

5 Dampak Buruk Stres yang Tak Pernah Anda Bayangkan

Berikut dampak-dampak stres yang tidak pernah Anda bayangkan.

Liputan6.com, Jakarta Sejak kecil mungkin kita tidak mengenal stres, namun semakin banyak usia bertambah beban hidup makin banyak. Stres pun muncul. Namun, jangan biarkan Anda mau dikekang oleh stres. Tak cuma kehidupan Anda yang jadi tampak menyebalkan, dampak stres lebih dari yang Anda bayangkan.

Berikut lima dampak stres yang dilansir dari Prevention, Selasa (7/10/2014).

1. Buat tubuh kelelahan
Stres memicu otak melepaskan hormon kortisol ke dalam aliran darah. Senyawa kimia ini membuat jantung berdetak lebih cepat serta membuat utbuh mengeluarkan energi ekstra yang membuat tubuh lebih lelah dari biasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Turunkan libido

2. Turunkan libido
Saat stres, hasrat untuk bercinta dengan pasangan menurun. Jika terjadi dalam hitungan hari tak masalah, namun ketika sudah berminggu-minggu alami ini malah menimbulkan masalah baru dengan pasangan.

3. Ganggu sistem pencernaan
Stres kronis memengaruhi hormon kelenjar tiroid, yang mengatur metabolisme. Jika hormon ini terganggu kerjanya, dapat menyebabkan sembelit.

3 dari 3 halaman

Rambut rontok

4. Rambut rontok
Saat stres, hormon androgen melonjak jumlahnya yang membuat rambut rontok lebib banyak.

5. Sakit punggung
Ketika Anda merasa tertekan, denyut jantung dan tekanan darah meningkat. Hal ini menyebabkan otot-otot membuat rasa sakit terutama di area punggung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini