Sukses

Ini Bukti Merokok Bikin Wajah Jauh Lebih Tua

Buruknya dampak merokok tampak jelas pada penampakan foto kembar berikut.

Liputan6.com, New York Bagi Anda yang masih kurang bukti merokok merugikan diri sendiri, bisa dilihat dari foto di atas. Merokok membuat dua kembar identik tampak jauh berbeda usianya.

Sebuah penelitian yang dilakukan bersamaan dengan acara Twins Days Festival in Twinsburg, Ohio mencoba membandingkan bagaiamana kondisi fisik 79 kembar identik yang merokok  lebih dari lima tahun dan yang tak merokok. Hasilnya, terlihat jelas bahwa kembar yang merokok wajahnya tampak lebih tua beberapa tahun.

Kondisi fisik perokok yang tampak tua ditandai dengan bagian kelopak mata bawah yang melorot lalu garis-garis keriput lebih banyak ditemukan di area sekitar mulut dan rahang tulis penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Plastic and Reconstructive Surgery.

"Merokok mengurangi pasokan oskigen ke dalam kulit, serta menurunkan sirkulasi darah sehingga membuat kulit jadi keriput dan nampak tua," terang penulis utama studi sekaligus ahli bedah plastik di Ohio,  Dr Bahman Guyuron.

Ini baru dampak pada wajah lho, belum memperlihatkan pada paru-paru Anda." Kami memberitahu banyak orang untuk sesegera mungkin berhenti merokok demi memperbaiki kondisi kulit, paru-paru hingga hati," terang direktur medis bedah dermatologi di New Jersey Dr. Robin Ashinoff seperti dilansir Today, Senin (6/10/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini