Sukses

5 Makanan untuk Atasi Kuku Rapuh

Liputan6.com, Jakarta Sering mendapati kuku mudah patah atau terkelupas? Jangan-jangan kuku Anda kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya.

Meskipun sudah makan dengan pola makan sehat belum tentu terbebas dari masalah kuku, tutur dokter kulit Dendy Engelman, MD, asisten profesor dermatologi di New York Medical College.

Oleh karena itu, penting memberikan nutrisi untuk kesehatan kuku dengan mengonsumsi makanan berikut seperti dilansir dari Women's Health, Rabu (6/8/2014).

2 dari 3 halaman

Telur, Brokoli, Salmon

1. Telur

Protein merupakan kunci kuku tumbuh dengan kuat. Bahkan kuku yang keras itu terbuat dari protein. Kandungan protein dapat dengan mudah ditemukan pada telur yang juga kaya Vitamin B yang terbukti membantu meningkatkan pertumbuhan kuku seperti diungkapkan Engelman.

2. Brokoli

Untuk mendukung kinerja protein, perlu didukung asam amino yang disebut sistein. Hal ini bisa didapatkan dari sayuran seperti brokoli.

3. Salmon

Ikan dengan daging berwarna oranye ini memiliki banyak protein serta zinc. Ada juga selenium dan tembaga, yang menurut Engelman membantu produksi kolagen yang dapat meningkatkan pertumbuhan kuku.

3 dari 3 halaman

Ayam, Bayam, Minyak Kelapa

4. Ayam

Seperti telur, ayam memiliki nutrisi Vitamin B dan protein, serta zinc. Ketiga nutrisi ini membantu trifecta untuk pertumbuhan kuku.

5. Bayam

Menurut Engelman, selain rasanya yang lezat, sayuran hiju ini memiliki Vitamun E, zat besi, Vitamin B, folat dan Vitamin A yang semuanya bermanfaat bagi pertumbuhan dan kekuatan kuku.

6. Minyak kelapa

Minyak lemak sehat seperti minyat kelapa, membantu meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi. Minyak kelapa mengandung Vitamin A, D, E, dan K yang penting untuk kekuatan kuku.