Sukses

5 Makanan Pemicu Bau Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Paling menjengkelkan jika mendapati tubuh menghasilkan bau badan yang tajam. Padahal sudah mandi dan memakai deodoran. Kenapa ya?


Jika mengalami kejadian seperti itu, coba cek tadi makan apa saja. Makanan dapat secara langsung memengaruhi bau yang dikeluarkan tubuh. Termasuk keringat dan urin.


Jika akan menghadapi sebuah acara penting yang butuh penampilan prima tanpa bau, ada baiknya hindari makananan berikut, seperti dilansir dari Fox News, Minggu (13/7/2014):

1. Daging Merah
Peneliti dari Republik Ceko tahun 2006 mengumpulkan sampel keringat dari pria yang makan daging dan sayur. Hasilnya, mereka yang makan daging, bau keringatnya paling buruk. Berbeda dengan keringat pemakan sayur yang tak terlalu menyengat.

2. Kari/Jinten
Makanan berbumbu tajam seperti kari dan jinten bisa betah tinggal lama di kulit Anda. Hasilnya tubuh pun bau menyengat.

3. Bawang Putih
Bumbu dapur ini paling tersohor mampu membuat aroma tubuh lebih tajam. Tapi sulit juga untuk menghindarinya karena hampir semua makanan menggunakan bawang putih. Kandungan allicin dalam bawang putih merembes hingga ke kulit. Saat dikonsumsi allicin dikeluarkan tubuh lewat keringat, campuran bakteri pada keringat menghasilkan bau tubuh yang tak sedap.

4. Asparagus
Usai makan sop asparagus, bisa jadi urin Anda baunya lebih tajam. Hal ini dikarenakan kandungan sulfur yaitu mercaptan tercipta saat dicerna tubuh.

5. Brokoli dan Kubis
Kedua sayuran ini kaya nutrisi dan antioksidan yang baik untuk membantu tubuh menghancurkan racun dan melawan  kanker. Namun, bau buang angin akan lebih tajam dari biasanya.