Sukses

Tak Perlu Panik, Virus Korona Bisa Ditangkal

Meski dinyatakan waspada, dr Ade mengatakan, rakyat Indonesia tidak perlu panik. Sebab, virus tersebut masih bisa dicegah

Liputan6.com, Jakarta Provinsi Banten dinyatakan 'waspada' terhadap virus Mers atau virus korona. Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Provinsi Banten, memperingatkan hal tersebut kepada masyarakat.

"Banten waspada MERS. Status ini karena Bandara Internasional Soekarno Hatta yang menjadi gerbang keluar masuknya penumpang dari Timur Tengah, berada di Banten," ungkap Ketua PDPI Banten, dr Ade Rusmawati, saat menggelar keterangan persnya di Klinik Duta Medika, Batu Ceper, Kota Tangerang, ditulis Jumat (9/5/2014).

Meski dinyatakan waspada, dr Ade mengatakan, rakyat Indonesia tidak perlu panik. Sebab, virus tersebut masih bisa dicegah dengan berbagai gaya hidup sehat.

Seperti makan makanan bergizi dan olahraga. "Kalaupun sudah ada tanda-tanda flu, segera periksakan ke dokter," ujarnya.

Kalaupun berencana bepergian ke negara yang tingkat virus Mersnya tinggi, diharapkan menggunakan masker khusus. "Bukan masker hijau atau yang biasa dipakai. Ada lagi, bentuknya putih lonjong menutupi saluran pernapasan, tersedia di apotik terdekat," tuturnya.

Dan sepulangnya ke Indonesia, diharapkan memeriksakan kembali kesehatannya ke rumah sakit terdekat. "Karena virus tersebut memiliki masa tumbuh 2 minggu," tuturnya. (Naomi Trisna).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.