Sukses

Es Cendol Juga Jadi Minuman Khas di Myanmar

Es dawet atau es cendol sudah jadi minuman khas di sejumlah daerah Indonesia. Tapi jangan salah, es dawet juga minuman orang Myanmar lho.

Liputan6.com, Yangoon Es dawet atau es cendol sudah jadi minuman khas di sejumlah daerah Indonesia. Tapi jangan salah, es dawet juga minuman orang Myanmar lho.

Seperti pantauan lifestyle.liputan6.com, Rabu (19/3/2014) di Yangoon, ibukota Myanmar, es dawet merupakan salah satu dessert khas yang digemari penduduk lokal. Mereka menyebutnya Shwe Yin Aye.

Komponen membuat Shwe Yin Aye pun hampir sama dengan es dawet di Indonesia. Mulai dari dawet, mutiara yang direbus, dawet, bubur sumsum, ketan, potongan roti, potongan es batu yang telah dihancurkan, serta kuah santan. Bedanya, Shwe Yin Aye tidak menggunakan sirup gula merah.

Meski tanpa sirup gula merah, rasa Shwe Yin Aye sudah cukup manis, dan kuah santannya cair namun terasa sarinya. Umumnya Shwe Yin Aye disajikan dalam gelas atau mangkok.

Shwe Yin Aye umumnya dijual dengan pikulan di pinggir jalan. Para pedagang membanderolnya dengan harga 300 Kyat atau sekitar 3.500 rupiah per mangkok.

Di tengah panasnya cuaca Yangoon, menyeruput Shwe Yin Aye sungguh membantu mengembalikan kesegaran tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.