Sukses

Air Mawar Obat Mujarab Buat Kesehatan dan Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah melihat dalam proses pernikahan ada mandi kembang. Salah satu bunga yang ada di dalam air kembang tersebut adalah bunga mawar. Ternyata, air mawar ini merupakan obat mujarab untuk kesehatan dan kecantikan.

Untuk mendapatkan air mawar dalam bentuk yang paling murni prosesnya sederhana. Kumpulkan kelopak mawar di pagi hari saat udara bersih dan lembab atau lebih baik memilih mawar setelah hujan atau berlimpah embun. Simpan kelopak segar di tempat yang bersih yang sudah diisi air suling dan tempatkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari.

Situs MedGuru, Selasa (25/2/2014), menuliskan ada beberapa manfaat dan rahasia berharga dari air mawar:

2 dari 8 halaman

Air Mawar untuk Kulit


Menggunakan air mawar bagus untuk perawatan kulit. Ini adalah pembersih wajah yang sangat baik dan menghilangkan kotoran, minyak, serta polutan lainnya di pori-pori kulit.

Toner alami tersebut bisa mencegah penuaan dengan mengurangi keriput dan merapatkan pori-pori di kulit.

Air mawar tersebut bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan yang berbeda untuk setiap jenis kulit tanpa menyebabkan iritasi. Air mawar yang dioleskan ke jerawat yang meradang bisa mengurangi kemerahan. Penggunaan air mawar yang dicampur dengan cendana, dan air jeruk nipis bisa membantu mengurangi bekas jerawat dan membersihkan noda.

3 dari 8 halaman

Perawatan rambut



Air mawar bagus untuk kulit kepala. Air mawar ini bisa sebagai semprotan alami untuk memperkuat akar, mempromosikan pertumbuhan rambut, dan merevitalisasi kulit kepala. Air mawar bekerja sebagai kondisioner rambut yang indah, mencegah rambut kering dan pecah-pecah.

4 dari 8 halaman

Mata kelelahan


Jika Anda terganggu dengan sakit mata atau kelelahan, rendam kapas di dalam air mawar dan dengan lembut letakkan di kelopak mata Anda. Ini tak hanya menenangkan mata, tapi juga mendinginkan mata Anda.

Air mawar yang digunakan sebagai obat tetes mata bisa mengusir lingkaran hitam dan mata bengkak.

5 dari 8 halaman

Relaksasi



Air mawar merupakan obat penenang dan antidepresan. Ini memiliki efek menenangkan pada pikiran, meningkatkan suasana hati, memicu relaksasi, membantu menghilangkan rasa lelah, tegang, dan memberikan kesejahteraan.

Air mawar banyak digunakan sebagai aromaterapi dan perawatan spa. Beberapa kelopak mawar di bak mandi juga membuat aroma segar.

6 dari 8 halaman

Masakan



Air mawar juga digunakan dalam beberapa masakan seperti di Persia, India, dan Mediterania agar aromanya berbeda.

7 dari 8 halaman

Obat



Air mawar mengandung antibakteri, antiseptik, dan antiinflamasi sehingga bagus untuk mengobati luka bakar, luka dan infeksi kulit termasuk dermatitis dan eksim.

Air mawar juga disemprotkan untuk memperkuat kekebalan tubuh dan sistem saraf.

Sedikit air mawar dan limun membantu mengobati gangguan pencernaan. Dan air mawar yang digunakan di atas gigitan serangga bisa menghentikan gatal dan mengurangi rasa sakit.

8 dari 8 halaman

Desinfektan



Air mawar bisa digunakan sebagai desinfektan. Air mawar ini disemprotkan ke dapur dan kamar mandi, rak, dan meja sehingga tak hanya menjaga rumah atau tempat kerja tetap bebas bakteri dan kuman, tapi juga memberikan nuansa segar dan harum.



(Mel)