Sukses

Wanti Jemaah soal Informasi Haji, BPKH: Banyak Hoax Sumber Tidak Jelas

Jelang Ibadah haji, sering kali terdapat berbagai pesan whatsapp, ataupun berita dari media yang tidak kredibel.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang ibadah haji, seringkali terdapat berbagai pesan Whatsapp, ataupun berita dari media yang tidak kredibel. Informasi yang disampaikan sering kali dari sumber-sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sengaja dilakukan untuk menimbulkan kecemasan jemaah hingga memprovokasi suatu tindakan tertentu.

Menanggapi hal ini, Amri Yusuf, Anggota Badan Pelaksana BPKH menghimbau masyarakat utamanya calon jemaah haji agar dapat mengkonsumsi informasi yang dapat dipertanggungjawabkan melalui website dan akun sosial media resmi BPKH RI.

“Sebaiknya saring sebelum sharing, polanya terus berulang setiap tahun menjelang ibadah haji, berupa hoax, maupun disinformasi untuk kepentingan tertentu. Salah satu cirinya adalah menimbulkan kecemasan agar jemaah resah, terlebih usai pengumuman kenaikan biaya haji, situasi ini digunakan untuk menghasut suatu tindakan yang justru bisa merugikan calon jemaah itu sendiri,” terang Amri.

Dia memastikan, pengelolaan dana haji aman, kinerja keuangan berjalan dengan baik terbukti dari likuiditas, solvabilitas dan rasio keuangan lainnya yang melebih target. BPKH juga di Audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan hasil opini tertinggi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sejak tahun 2018 hingga 2021.

“Semua informasi keuangan pengelolaan keuangan haji telah dirangkum dalam annual report dan laporan keuangan berkala lainnya yang dapat diakses melalui situs resmi bpkh dan ppid.bpkh.go.id,” jela dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Unduh Aplikasi

Selain itu, sambung dia, informasi yang dibutuhkan publik juga dapat dilayani melaui Whatsapp Contact Centre ataupun dengan mengunduh aplikasi BPKH VA.

“Publik dapat mengetahui informasi kelolaan dana haji seperti investasi dan penempatan, jumlah dan sebaran pendaftar haji, serta pembagian Nilai Manfaat untuk jemaah juga dapat diakses dengan mudah dengan mengunduh melalui handphone Appstore maupun Playstore,” dia menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.