Sukses

Putin Pertanyakan Legitimasi Zelenskyy Sebagai Pemimpin Ukraina

Undang-undang Ukraina melarang pemilu selama darurat militer yang telah diberlakukan sejak Rusia melancarkan invasi pada Februari 2022.

Liputan6.com, Minsk - Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi mitra dan sekutu dekatnya, Belarus, untuk melakukan pembicaraan pada hari Jumat (23/5/2024). Dalam kesempatan itu, dia mempertanyakan apakah Volodymyr Zelenskyy memiliki legitimasi untuk bernegosiasi atas nama Ukraina.

Rusia bersedia mengadakan pembicaraan mengenai perang Ukraina, kata Putin, namun masa jabatan lima tahun Zelenskyy seharusnya berakhir pada 20 Mei.

Zelenskyy mengesampingkan pemilihan presiden baru saat negaranya sedang berperang – sesuatu yang tampaknya diabaikan Putin dalam pernyataannya kepada wartawan.

Para pejabat Rusia telah berulang kali meminta perhatian terhadap pertanyaan tentang masa jabatan Zelenskyy selama seminggu terakhir.

"Tentu saja, kami sadar bahwa legitimasi kepala negara saat ini telah berakhir," tutur Putin pada konferensi pers di Minsk setelah pembicaraan dengan Presiden Belarus Alexander Lukashenko, seperti dilansir kantor berita AP.

"Kita harus benar-benar yakin bahwa kita berurusan dengan pihak berwenang yang sah."

Putin berulang kali menyatakan bahwa Rusia siap melakukan pembicaraan dengan Ukraina. Namun, Zelensky menolak prasyarat yang diajukan Rusia untuk melakukan pembicaraan, termasuk mengizinkan Rusia mempertahankan wilayah yang diambilnya sejak invasi Februari 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rusia dan Belarus

Konferensi perdamaian internasional mengenai Ukraina akan diadakan di Swiss pada bulan Juni, namun Rusia tidak diundang dan Putin mengabaikan pentingnya konferensi tersebut.

Kunjungan dua hari ke Belarus adalah salah satu dari beberapa tur luar negeri yang dilakukan Putin saat memulai masa jabatan kelimanya. Sejak pelantikannya pada 7 Mei, dia telah berangkat ke China dan dijadwalkan tiba di Uzbekistan pada hari Minggu.

Rusia dan Belarus memiliki hubungan yang semakin dekat dan pada akhirnya diperkirakan apa diberikan yang disebut negara kesatuan".

Sebelumnya, Lukashenko telah memberikan izin kepada Rusia untuk mengerahkan senjata nuklir taktis dan pasukan Rusia ke Belarus, yang berbatasan dengan Ukraina sepanjang 1.084 kilometer. Pada tahun 2023, Rusia memindahkan beberapa senjata nuklir taktisnya ke Belarus.

Tidak seperti rudal balistik antarbenua berujung nuklir yang dapat menghancurkan seluruh kota, senjata nuklir taktis yang dimaksudkan untuk digunakan melawan pasukan di medan perang memiliki kekuatan yang lebih kecil. Senjata-senjata tersebut termasuk bom udara, hulu ledak untuk rudal jarak pendek dan amunisi artileri.

Penyebaran senjata nuklir taktis ke Belarus akan memungkinkan pesawat dan rudal Rusia mencapai sasaran potensial di Ukraina dengan lebih mudah dan cepat jika Rusia memutuskan untuk menggunakannya. Hal ini juga memperluas kemampuan Rusia untuk menargetkan beberapa sekutu NATO di Eropa Timur dan Tengah.

Rusia juga menggunakan Belarus, yang bergantung pada pinjaman Rusia dan energi murah, sebagai medan perang Ukraina, dan mengerahkan sebagian pasukannya di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini