Sukses

Idul Adha 1445 H, BSI Sebar 9.390 Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390hewan potong yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mendistribusikan 9.390 hewan kurban yang sehat dan aman konsumsi bagi masyarakat duafa di berbagai wilayah Indonesia pada Idul Adha 1445 H.

Tahun ini, BSI memberikan 9.390 hewan potong untuk disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan di berbagai wilayah Indonesia. Distribusi hewan kurban tahun ini meningkat 32% dari tahun lalu sebanyak 7.112 ekor. Daging ini diperkirakan akan dibagi menjadi 187.800 porsi yang akan dikemas dalam besek bambu sehingga ramah lingkungan.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan Idul Adha merupakan momentum tahunan BSI mendistribusikan daging hewan potong kepada masyarakat yang membutuhkan. “Hal ini sejalan dengan komitmen kami sebagai sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual untuk kesejahteraan masyarakat.”

Tahun ini BSI berkolaborasi dengan 19 lembaga amil zakat nasional (LAZNAS) memberikan fasilitas layanan pembelian hewan kurban melalui BSI Mobile dan smart funding Hasanah Card. Tercatat pembelian hewan kurban lewat Hasanah Card mencapai 185 ekor sapi dan 628 ekor kambing/domba. Sementara pembelian hewan kurban melalui BSI Mobile selama periode pembelian hewan kurban sebanyak 12 sapi dan 966 kambing/domba.

Kondisi tersebut menunjukkan masyarakat juga sudah menyadari untuk berkurban secara online sehingga distribusi hewan lebih merata ke seluruh pelosok Indonesia. ‘’Inilah manfaat BSI Mobile sehingga umat Islam bisa berkurban dan dagingnya bisa dinikmati masyarakat yang membutuhkan di wilayah lain". Selain itu berkurban melalui platform BSI Mobile yang bekerjasama dengan 19 amil zakat tersebut membuktikan misi BSI sebagai sahabat finansial, spiritual dan sosial.

Adapun distribusi hewan kurban BSI akan dilakukan ke wilayah Indonesia diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, NTB dan NTT.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemotongan Hewan

Pemotongan hewan hingga penyaluran ke duafa dilakukan dengan ramah lingkungan. Diantaranya hewan potong yang dipilih adalah hewan sehat yang memenuhi persyaratan umur hewan qurban dari desa binaan BSI, penampungan limbah kotoran sapi dan kambing untuk diolah menjadi kompos dan penyaluran daging dikemas dengan daun dan minim limbah sampah.

Lebih lanjut Hery Gunardi mengatakan, aktivitas green activity di berbagai aspek akan terus kami lakukan sebagai komitmen BSI dalan menerapkan prinsip Environment, Social dan Governance (ESG) serta menjadi perilaku positif untuk bersama mewujudkan Indonesia menuju NZE (Net Zero Emission).

Pemilihan hewan telah diseleksi secara ketat dari kesehatan hewan yang melibatkan dokter hewan dari berbagai lembaga untuk memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para peternak terkait proses pengembangbiakkan, pemberian pakan, dan pemeriksaan kesehatan hewan ternak.

Secara berkala dokter hewan juga dilibatkan dalam melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan kurban. Selain itu, para penyembelih hewan kurban juga diajari bagaimana cara memotong hewan yang benar sesuai ajaran Islam.

3 dari 4 halaman

Jokowi Sumbang Sapi Kurban Seberat 900 Kg ke IKN, Ini Penampakannya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbangkan seekor sapi sebesar 900 kilogram (kg) untuk dalam momen kurban Idul Adha. Sapi itu disalurkan ke Masjid Darussalam, Sepaku, dalam kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Masjid ini menjadi lokasi salat ied dan penyembelihan hewan kurban yang diikuti juga oleh Otorita IKN. Acara ini merupakan bagian dari komitmen Otorita IKN untuk mendukung kegiatan keagamaan dan memperkuat hubungan dengan masyarakat setempat.

Pada Sabtu (10/6/2024) lalu, Otorita IKN menerima Bantuan Kemasyarakatan Presiden berupa seekor sapi yang diserahkan oleh perwakilan dari Istana Kepresidenan yang selanjutnya diserahkan kepada pihak Masjid Darussalam, Desa Tengin Baru. Sapi yang diberikan berjenis Limosin dengan berat mencapai 900 kg.

"Hasil penyembelihan hewan kurban ini nantinya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar Desa Tengin Baru, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak orang," ujar Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN Suwito, dalam keterangannya, Senin (17/6/2024).

Dia menjelaskan, bantuan ini merupakan bentuk dukungan dari Presiden Republik Indonesia untuk kegiatan keagamaan di Nusantara dan sebagai simbol kebersamaan dalam merayakan Iduladha.

Suwito turut bersyukur atas dukungan yang diberikan oleh Presiden dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan acara di IKN Nusantara.

"Kegiatan ini bukan hanya bentuk ibadah, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat hubungan antara pemerintah dan masyarakat. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dalam upaya kita membangun Nusantara," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Pentingnya Kegiatan Sosial

Selain itu, Otorita IKN juga menekankan pentingnya kegiatan sosial dan keagamaan dalam mendukung pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Nusantara.

"Insyaallah pada tahun-tahun berikutnya akan bertambah banyak sapi bantuan Presiden RI ke masyarakat di wilayah IKN," ujar Direktur Suwito.

Ketua Panitia Hari Besar Iduladha Masjid Besar Darussalam, Imron turut mengapresiasi langkah bantuan hewan kurban dari Presiden RI ke wilayahnya.

“Harapannya semoga selanjutnya bantuan yang diberikan semakin banyak sehingga lebih menyemarakkan peringatan Iduladha serta memotivasi warga untuk turut berkontribusi dalam berkurban,” ucap Imron.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan Otorita IKN dapat terus berperan aktif dalam mendukung kegiatan keagamaan dan sosial di Nusantara, serta membangun hubungan yang harmonis dengan seluruh elemen masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini