Sukses

13 Fakta Menakjubkan Tentang Tubuh Manusia, Salah Satunya Mengandung Triliunan Bakteri

Tubuh manusia adalah sistem yang kompleks, terdiri dari berbagai organ dan sistem yang bekerja bersama untuk menjaga keseimbangan dan fungsi tubuh. Ini dia fakta-fakta mengejutkan yang harus anda ketahui tentang tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh manusia mungkin merupakan komposisi paling kompleks yang pernah ada di dunia, dengan jutaan sel yang bekerja bersama dalam harmoni untuk menjaga fungsi tubuh yang rumit.

Jeff Foster, Direktur Medis penyedia layanan kesehatan yang berbasis di Inggris, H3 Health, menyatakan bahwa banyak dari kita yang "menganggap remeh tubuh kita."

"Coba Anda luangkan waktu untuk melihat apa yang sebenarnya ada di dalam tubuh dan apa yang membuat kita menjadi manusia, barulah kita menyadari betapa menakjubkannya tubuh kita."

"Ini adalah sesuatu yang mulai saya pelajari di sekolah kedokteran, tapi 20 tahun kemudian saya masih menemukan hal-hal baru, aneh dan menakjubkan tentang tubuh kita," tambahnya.

Dilansir dari Newsweek, Jumat (19/4/2024), berikut ini adalah beberapa fakta yang paling menarik tentang tubuh Anda yang sangat menakjubkan.

1. Tubuh Anda Mengandung Triliunan Bakteri

<p>Ilustrasi Bakteri (Pexels/cdc)</p>

Natalie Carter, Kepala Keterlibatan Penelitian Versus Arthritis, mengatakan: "Kita memiliki triliunan bakteri yang hidup di dalam tubuh kita yang bertugas untuk mengatur peradangan dan penyakit dalam."

"Telah lama diduga bahwa bakteri-bakteri tersebut dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh kita dan berkontribusi pada radang sendi, yang berefek ke lebih dari 430.000 orang di Inggris.

"Versus Arthritis mendanai penelitian yang mempelajari bakteri yang hidup di dalam tubuh kita sehingga kita dapat lebih memahami peran mereka dalam pengembangan dan potensi pengobatan radang sendi."

 

2.  Mata Anda Adalah Otot Tercepat

Riasan mata adalah kunci dari penampilan yang menawan. (Foto: Unsplash/Tom Swinnen)

Sharon Copeland, seorang ahli kacamata di Feel Good Contacts, mengatakan bahwa otot yang bergerak paling cepat dalam tubuh manusia adalah orbicularis oculi, yang mampu berkontraksi dalam waktu kurang dari 1/100 detik.

Ia mengatakan: "Kedipan mata biasanya bisa berlangsung selama 100-150 milidetik. Tahukah Anda bahwa Anda berkedip lebih banyak saat berbicara dan lebih sedikit saat membaca, dan inilah alasan mengapa Anda merasa lelah saat membaca.

"Mata adalah otot tercepat dalam tubuh Anda. Itulah mengapa kita sering mengatakan sesuatu terjadi dengan cepat, 'dalam sekejap mata''"

 

3. Kita Memiliki 160.934.400 Meter Pembuluh Darah

Ilustrasi Penanganan Pecah Pembuluh Darah Otak Tanpa Pembedahan/dok. Unsplash Robina

Dr. Foster berkata: "Ini termasuk pembuluh darah vena, arteri, dan kapiler-kapiler kecil yang berkomunikasi yang bergerak di antara keduanya."

Sepertinya angka yang tidak realistis, tetapi jika Anda membayangkan setiap otot, organ, bagian kulit atau saraf membutuhkan caranya sendiri untuk mendapatkan darah dan membawanya pergi, tidak mengherankan berapa banyak pipa pembuluh darah yang kita butuhkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Hanya 2% Manusia yang Memiliki Mata Hijau

Copeland berkata: "Benar, hanya dua persen dari populasi yang memiliki mata hijau.

"Konsentrasi terbesar orang bermata hijau ada di Irlandia, Skotlandia, dan Eropa Utara.

"Semua ras, termasuk Asia Afrika Kaukasia, penduduk kepulauan Pasifik, Arab Hispanik, dan penduduk asli Amerika, dapat memiliki mata hijau.

"Semua bayi terlahir dengan mata biru atau cokelat. Mata hijau dapat memakan waktu antara enam bulan dan tiga tahun untuk muncul pada anak-anak."

 

5. Semua Manusia 99% Identik

Cetakan molekul tiga dimensi bantu ahli medis dalam rencanakan tindakan operasi.

Dr. Foster berkata: "Perbedaan visual atau variasi internal yang terjadi pada kita hanya disebabkan oleh variasi kecil dalam genetika."

"Ini juga yang menyebabkan kita sangat mirip dengan banyak hewan lain - dari perspektif genetik."

 

6. Kulit Adalah Organ Terbesar Anda

Kulit wajah merupakan salah satu aset penting yang perlu dijaga. (Foto: Pexels/Ron Lach)

Dr. Foster berkata: "Kulit menyumbang sekitar 15 persen dari berat badan kita dan pentingnya kulit sangat kurang dihargai.

"Kulit menjaga segala sesuatu yang ada di dalam agar tidak keluar, tetapi juga membantu menjaga suhu tubuh kita tetap pada suhu yang tepat, membantu kita dengan sentuhan dan sensasi, memungkinkan kita untuk bergerak tanpa hambatan (tidak terlalu ketat atau terlalu longgar), menyembuhkan dan meregenerasi secara konstan, dan masih banyak lagi."

 

3 dari 4 halaman

7. Saat Kita Bernapas, Kita Memilih Satu Lubang Hidung

Dr. Foster berkata: "Secara alamiah kita cenderung bergantian dari satu lubang hidung ke lubang hidung yang lain karena hal ini membantu menjaga udara yang kita hirup tetap lembab agar tidak mengiritasi paru-paru kita."

 

8. Kita Tidak Tahu Mengapa Kita Menguap

<p>Ilustrasi menguap, mengantuk. (Image by user18526052 on Freepik)</p>

Dr. Foster berkata "Banyak hewan yang tampaknya melakukannya, dan ada beberapa teori yang berbeda tentang mengapa kita melakukannya"

Beberapa orang mengatakan bahwa menguap membantu memasukkan lebih banyak oksigen, sementara yang lain berpikir bahwa menguap membantu mengatur suhu.

"Apa pun itu, kita semua melakukannya, hanya saja kita tidak tahu mengapa."

 

9. Ukuran Mata Tetap Hampir Sama Sepanjang Hidup Anda

Ilustrasi mata kedutan | via: iacpublishinglabs.com

Copeland berkata: "Meskipun hidung dan telinga kita terus tumbuh sepanjang hidup kita, ukuran mata kita tetap sama sejak lahir.

"Pada usia tiga bulan, ukuran mata kita akan tetap sama karena kornea mata telah mencapai lebar penuhnya."

Dia mengutip ahli neurobiologi dari Cornell University, Howard C. Howland, yang menyatakan: "Mata manusia tumbuh dengan cepat di dalam rahim dan selama tiga bulan pertama setelah kelahiran."

Hal ini dianggap dapat menjelaskan mengapa bayi sangat lucu, dengan mata besar mereka yang tidak proporsional, menatap dari wajah bulatnya yang mungil.

4 dari 4 halaman

10. Kita Menghapus dan Mereformasi Ingatan Diri Sendiri

Dr. Foster berkata: "Ini adalah salah satu favorit saya. Kita membayangkan bahwa ketika kita mengingat suatu peristiwa atau sesuatu di masa lalu, itu seperti memutar file rekaman di komputer.

"Namun sebenarnya otak kita menulis ulang memori tersebut setiap kali kita memikirkannya, secara perlahan mengubahnya atau memutarnya dari waktu ke waktu.

"Oleh karena itu, kenangan masa kecil yang kita kenang mungkin telah terdistorsi oleh otak kita selama bertahun-tahun."

 

11. Anda Lebih Tinggi di Pagi Hari

Ilustrasi Tinggi Badan, Photo by Cookies Studio on Freepik

Dr. Foster berkata: "Jika Anda bercermin di pagi hari, perut Anda akan terlihat lebih rata, dan pakaian akan menggantung lebih baik.

"Karena gravitasi, pada siang hari tulang rawan kita menekan sehingga membuat kita sedikit lebih pendek dan organ-organ tubuh kita cenderung mengendap."

 

12. Anda Tidak Bisa Bernapas dan Menelan Secara Bersamaan

Seorang ibu sedang menyuapi anaknya dengan makanan mpasi (Foto: Unsplash.com/ Tanaphong Toochinda)

Dr. Foster berkata: "Hal ini mungkin terdengar jelas, namun sebenarnya merupakan proses perlindungan evolusioner yang disengaja untuk mencegah Anda secara tidak sengaja menyedot/mencekik makanan atau bahkan meludah.

"Hal ini juga berfungsi sebagai cara untuk menekan batuk kronis yang menggelitik. Cukup telan saja dan Anda juga tidak akan batuk."

 

13. Setiap Detik, Anda Memproduksi 25 juta Sel

Anemia dapat disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang diterima tubuh untuk memproduksi sel darah merah. (Foto: Pexels/Roger Brown)

Dr. Foster berkata: "Setiap sel baru direproduksi dari cetakan DNA kita.

"Seiring bertambahnya usia, maka tidak mengherankan jika templat DNA ini menjadi usang dan terjadi kesalahan.

"Kita kemudian menua-sampai kita bisa menjaga template tetap sempurna, hal itu akan selalu terjadi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.