Sukses

Prabowo Terpilih Jadi Presiden RI, Dubes Masaki Berharap Hubungan Indonesia-Jepang Makin Erat

Duta Besar Jepang Masaki Yasushi menilai bahwa Prabowo Subianto akan menjadi presiden yang baik untuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi berharap agar hubungan bilateral antara kedua negara dapat terjalin dengan semakin erat di bawah kepemimpinan presiden baru terpilih, Prabowo Subianto.

"Menurut saya, dia (Prabowo) memiliki keinginan yang kuat untuk mengembangkan hubungan bilateral dengan Jepang karena Jepang dan Indonesia telah menjalin hubungan dalam waktu yang cukup lama," kata Masaki dalam pernyataan pers di kantornya, Senin (25/3/2024).

"Saya rasa jika Pak Prabowo menjadi presiden, kerja sama antara kami akan semakin kuat," tambahnya.

Masaki juga mengatakan bahwa Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dengan segera menelepon dan memberi ucapan selamat kepada Prabowo usai ia ditetapkan sebagai pemenang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ini menunjukkan keinginan kedua pemimpin untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia," lanjut dia.

Menurut Masaki, Prabowo adalah sosok pemimpin yang tulus dan dengan cepat mengemukakan pendapatnya.

"Saya melihatnya saat debat di televisi, saya diundang ke sana. Menurut saya argumennya sangat penuh dengan logika dan jelas. Jadi jika ia menjadi presiden, dia akan bisa menjadi presiden yang sangat baik," tambahnya lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jepang Siap Berkontribusi dalam Pembangunan Indonesia

Maka dari itu, Masaki juga mengungkap bahwa Jepang siap untuk berkontribusi lebih banyak dalam pembangunan Indonesia dalam berbagai sektor.

Di bidang otomotif, Masaki menyebut bahwa ada banyak perusahaan otomotif yang memproduksi dan menjual mobil di Indonesia.

"Lebih dari 90 persen mobil diproduksi di sini dan juga sepeda banyak diproduksi oleh perusahaan Jepang," kata dia, seraya menjelaskan bahwa ke depannya perusahaan tersebut akan fokus dalam pengembangan kendaraan listrik yang saat ini digencarkan oleh pemerintah Indonesia.

Kerja sama konkret lainnya yang dilakukan oleh Jepang di Indonesia adalah pembangunan transportasi umum, Mass Rapid Transit (MRT).

"MRT yang kini jadi transportasi sehari-hari di Indonesia merupakan hasil nyata kontribusi perusahaan Jepang di Indonesia. Saat ini, kami sedang bekerja menambah jalurnya," tutur Masaki.

3 dari 3 halaman

Kerja Sama di Bidang Energi Terbarukan

Sementara dalam sektor lingkungan, Masaki menyebut bahwa perusahaan Jepang juga siap melakukan kerja sama energi.

"Saya menegaskan, kerja sama penting yang juga sedang kami lakukan dengan pemerintah adalah dalam bidang sistem energi berkelanjutan yang diharapkan akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat," lanjut Masaki.

Ia menyebut bahwa Jepang sangat aktif mengembangkan proyek pembangkit listrik tenaga air dan pembangkit listrik tenaga panas bumi.

"Menurut saya ini sangat penting untuk pembangunan Indonesia," tambah dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini