Sukses

Kecelakaan Kapal Penangkap Ikan Tuna di Jepang, Seluruh WNI Selamat

Terdapat 20 WNI dalam kapal penangkap ikan tuna tersebut.

Liputan6.com, Tokyo - Seluruh Anak Buah Kapal (ABK) Warga Negara Indonesia (WNI) selamat dalam kecelakaan kapal penangkap ikan tuna pada Minggu (3/3/2024). Hal tersebut dikonfirmasi oleh KBRI Tokyo.

"KBRI Tokyo telah menerima info dari Japan Coast Guard (JCG) di Shimoda, Shizuoka mengenai kecelakaan kapal penangkap ikan tuna, Fukuei-maru nomor 8, yang kandas di Kepulauan Izu, Tokyo, Jepang, pada 3 Maret 2024," demikian kutipan pernyataan KBRI Tokyo pada Selasa (5/3).

Kapal nahas tersebut berlayar dari Pelabuhan Kagoshima di Prefektur Kagoshima dengan jumlah total kru 25 orang yang terdiri atas satu kapten, dua orang officer, serta 22 ABK. Dari ke-25 orang tersebut, 20 di antaranya WNI.

"Seluruh WNI/ABK selamat dan telah dievakuasi menggunakan helikopter JCG Shimoda ke rumah sakit terdekat di Kozushima, Tokyo. Satu orang luka, namun sudah dalam perawatan," ungkap KBRI Tokyo.

Lebih lanjut, KBRI Tokyo menyatakan telah berkoordinasi dengan agensi pengirim para ABK serta JCG Shimoda dan akan melanjutkannya untuk langkah-langkah ke depan. Sementara ini, seluruh WNI akan diantarkan ke KBRI Tokyo pada tanggal 7 Maret untuk disiapkan dokumen perjalanan yang dibutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini