Sukses

Dubes Jepang untuk Indonesia Ajak Melody Eks JKT48 Jajal Kerang Khas Hotate

Melody eks JKT48 diajak Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi, menjajal Hotate, kerang Jepang atau juga dikenal sebagai scallop, yang dimasak ala Teppanyaki menggunakan bumbu asli Jepang dan dimakan fresh sebagai sashimi.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengundang Melody Laksani eks JKT48 -Duta Persahabatan Jepang-ASEAN bidang pangan dan pertanian- ke acara Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang atau disebut National Day yang diselenggarakan di Hotel Mulia Senayan, Rabu (21/2/2024) malam.

Sebelum acara dimulai, Melody diajak oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi, menjajal Hotate, kerang khas Jepang -- juga dikenal sebagai scallop, yang dimasak ala Teppanyaki menggunakan bumbu asli Jepang dan dimakan fresh sebagai sashimi.

"Enak banget, enggak usah diraguin lagi deh, kalau mau yang ada rasanya lebih enak yang udah di teppanyaki, tapi yang fresh sashiminya juga enak banget, aku ga bisa milih," ungkap Melody soal kesan pertamanya saat mencoba kerang hotate asal Jepang tersebut.

Melodi menyatakan bahwa ini bukan kali pertamanya mencoba makanan Jepang, mengingat bahwa dirinya pernah tergabung dalam Grup Idol JKT48 dan sering mengunjungi Jepang. "Aku awalnya nggak suka makanan mentah sih (sashimi), tapi lama kelamaan aku jadi suka," ujarnya.

Adapun resepsi perayaan Ulang Tahun Kaisar Jepang ini sekaligus sebagai momen untuk memperkenalkan Duta Besar Jepang untuk Indonesia yang baru, Masaki Yasushi. Ia menjabat sejak Oktober 2023 lalu menggantikan Kenji Kanasugi.

Pantauan Liputan6.com, dalam acara ini disajikan beberapa hidangan seafood asal Jepang. Banyak tamu undangan mengantre untuk mencicipinya, menjadi bukti bahwa sajian tersebut aman dikonsumsi ditengah isu perairan Jepang yang tercemar limbah nuklir itu tidak menganggu habitat laut di sana dan aman dikonsumsi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantu Promosikan Makanan Jepang di Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Melody juga ikut mempromosikan makanan Jepang di Indonesia. Ia berharap bahwa makin banyak makanan di Indonesia yang 'fresh from Japan'

"Kalau asli dari Jepang pasti beda ya, semoga di sini (Indonesia), makin banyak lagi supaya yang suka makanan Jepang bisa menikmati. Tapi kalau susah, dari Indonesia juga nggak apa-apa yang penting tetap autentik seperti di Jepang," ujarnya. 

Pada acara ini, bahan makanan asal Jepang, Hotate salah satu yang menjadi primadona. Terlihat dari antrean para tamu undangan untuk mencicipinya. 

Melansir dari welovejapanesefood.com, Rabu (21/2), Hotate adalah kerang yang kaya protein, vitamin, dan zat besi. Hotate juga dianggap sebagai makanan diet karena kandungan proteinnya yang tinggi, kandungan kalori yang rendah serta vitamin dan mineral yang melimpah. 

Kerang hotate hidup tersebar di kedalaman 20 hingga 30 meter di substrat lautan berpasir dan berlumpur dengan butiran pasir lebih besar dibandingkan dengan tempat ditemukannya kerang asari dan hamaguri. Dalam karakter China hotate berarti "naikkan layar". 

3 dari 4 halaman

Jadi Duta Persahabatan Jepang-ASEAN dan Duta Pangan Pertanian Sejak 2018

Adapun Melody resmi dilantik menjadi duta persahabatan Jepang-ASEAN pada 2018 lalu, ia mengatakan bahwa tugasnya sebagai duta persahabatan Jepang-ASEAN adalah untuk lebih memberikan semangat kepada generasi muda di bidang pangan dan pertanian.

"Potensi di bidang pertanian itu sangat tinggi, aku mau anak muda lebih sadar akan pangan dan pertanian untuk kehidupan dan masa depan," ujar Melody Laksani. 

Selain menjadi duta persahabatan, Melody juga menjadi duta pangan dan pertanian. Kegiatan terakhirnya adalah menjadi pembicara di Institut Pertanian Bogor (IPB), dan bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency melakukan kegiatan pembibitan tanaman di lahan pertanian. 

Selain itu, Melody juga ikut andil dalam membantu para petani untuk mendistribusikan hasil pertanian dan dijual ke supermarket premium. 

Ia juga kerap berkunjung ke negara-negara ASEAN memberikan materi untuk menyemangati generasi muda dan mempromosikan pangan serta pertanian Jepang di Indonesia 

"Dari 2018, aku senang karena aku kuliah pertanian, aku senang bisa berkontribusi di bidang pertanian," ujar Melody. 

4 dari 4 halaman

Ungkap Harapan Untuk Duta Besar Jepang Yang Baru

Dalam kesempatan ini Melody juga mengungkapkan harapan untuk Duta Besar Jepang yang baru, Masaki Yasushi.

"Terkait hubungan Indonesia dan Jepang, semangat untuk melanjutkan visi misi yang sebelumnya dan semoga hubungan Indonesia Jepang tetap berjalan dengan baik," ujar Melody.

Melansir dari id.emb-japan.go.jp, Masaki Yasushi, Duta Besar Jepang untuk Indonesia yang baru tiba di Indonesia pada tanggal 22 Desember 2023 lalu. Ia pernah datang ke Indonesia beberapa kali untuk perjalanan dinas, namun kali itu ia bertugas di Indonesia untuk pertama kalinya.

Masaki Yasushi menggantikan Kanasugi Kenji yang sudah melepas masa jabatannya sebagai Duta Besar Jepang untuk Indonesia pada 5 Desember 2023 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.