Sukses

Trump Menang Pemilihan Pendahuluan Partai Republik di New Hampshire, Pertarungan Melawan Biden Kian Pasti

Para sekutu Trump meningkatkan tekanan pada Haley agar menyerah sebelum pemungutan suara berakhir, namun Haley berjanji sebelum hasil diumumkan dia akan melanjutkan kampanyenya.

Liputan6.com, Washington, DC - Donald Trump dengan mudah memenangkan pemilihan pendahuluan atau primary election di New Hampshire pada Selasa (23/1/2024), membuat pertandingan ulang melawan Presiden Joe Biden pada November terasa semakin tak terelakkan.

Peristiwa ini jelas merupakan kemunduran bagi mantan Duta Besar PBB Nikki Haley, yang menempati posisi kedua meskipun telah menginvestasikan banyak waktu dan sumber daya keuangan. Dia adalah penantang besar terakhir Trump setelah Gubernur Florida Ron DeSantis mundur sebagai kandidat capres Partai Republik pada akhir pekan.

Para sekutu Trump meningkatkan tekanan pada Haley agar menyerah sebelum pemungutan suara berakhir, namun Haley berjanji sebelum hasil diumumkan dia akan melanjutkan kampanyenya. Berbicara kepada para pendukungnya, dia meningkatkan kritiknya terhadap Trump, mempertanyakan ketajaman mentalnya dan menyatakan dirinya sebagai kandidat pemersatu yang akan mengantarkan perubahan generasi.

"Balapan ini masih jauh dari selesai. Masih ada lusinan negara bagian yang tersisa," kata Haley, seperti dilansir AP, Rabu (24/1), sementara beberapa orang di antara kerumunan berteriak, "Ini belum berakhir!"

Sementara itu, Trump kini bisa membanggakan dirinya sebagai kandidat presiden Partai Republik pertama yang memenangkan pemilu terbuka di Iowa dan New Hampshire sejak kedua negara bagian tersebut mulai memimpin kalender pemilu pada tahun 1976. Hal ini merupakan sebuah tanda yang mencolok betapa cepatnya Partai Republik mendukung Trump untuk menjadikannya calon presiden mereka untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Pada pesta kemenangannya pada Selasa malam, Trump berulang kali menghina Haley dan memberikan pidato yang jauh lebih marah dibandingkan setelah kemenangannya di Iowa, di mana dia fokus pada persatuan Republikan

"Jangan biarkan seseorang meraih kemenangan ketika dia mengalami malam yang sangat buruk," kata Trump. Dia menambahkan, "Hanya sedikit catatan untuk Nikki: Dia tidak akan menang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Trump Menyatukan Republikan

Dengan kemenangan mudah di kedua negara bagian awal, Trump menunjukkan kemampuan untuk menyatukan faksi-faksi Partai Republik yang mendukungnya. Dia mendapat dukungan dari kelompok konservatif evangelis yang berpengaruh di kalangan pemilih moderat di Iowa dan New Hampshire.

Trump mencatatkan hasil yang sangat kuat di wilayah paling konservatif di negara bagian itu, sementara Haley memenangkan lebih banyak wilayah liberal. Satu-satunya wilayah di mana Haley memimpin Trump adalah di kota-kota yang berhaluan Demokrat seperti Concord, Keene, dan Portsmouth.

Pat Sheridan, seorang insinyur berusia 63 tahun dari Hampton, mengaku memilih Trump karena dia melakukan pekerjaannya dengan sangat baik pada periode pertamanya.

"Kita butuh pengusaha, bukan birokrat," kata Sheridan.

Sebagai mantan gubernur Carolina Selatan, Haley berharap penampilan yang kuat di sana dapat mendorongnya mengikuti kontes Super Tuesday pada 5 Maret. Namun di negara yang sangat konservatif di mana Trump sangat populer, ambisi tersebut mungkin sulit diwujudkan dan kekalahan negara asal bisa berdampak buruk secara politik.

"Ini baru permulaan; kita punya negara lain," kata Sandy Adams (66) seorang independen dari Bow yang mendukung Haley. "Saya pikir kami punya kandidat yang kuat dan pertama kali kita hanya punya dua kandidat, itu adalah hal yang hebat."

3 dari 3 halaman

Trump Ubah Kerentanan Jadi Keuntungan

Keberhasilan awal Trump dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik dinilai sangatlah luar biasa mengingat dia menghadapi 91 dakwaan pidana terkait dengan segala hal mulai dari upaya untuk membatalkan Pilpres AS tahun 2020, kesalahan penanganan dokumen rahasia, hingga pembayaran suap kepada mantan aktris porno. Trump juga adalah presiden pertama AS yang dimakzulkan dua kali.

Meski demikian, Trump dinilai telah mengubah kerentanan tersebut menjadi keuntungan di kalangan pemilih Partai Republik. Dia berpendapat bahwa penuntutan pidana mencerminkan kementerian kehakiman yang dipolitisasi, meskipun tidak ada bukti bahwa para pejabat di sana ditekan oleh Biden atau siapa pun di Gedung Putih untuk mengajukan tuntutan.

Trump juga telah berulang kali mengatakan kepada para pendukungnya bahwa dia diadili atas nama mereka, sebuah argumen yang tampaknya semakin memperkuat ikatannya dengan basis Partai Republik.

Ketika Trump mulai mengalihkan perhatiannya ke Biden dan kampanye pemilu, pertanyaannya adalah apakah kerangka kasus hukum yang diajukan mantan presiden tersebut akan meyakinkan pemilih di luar basis Partai Republik.

Trump kehilangan suara terbanyak pada pemilu tahun 2016 dan 2020 serta menghadapi perjuangan khusus di komunitas pinggiran kota mulai dari Georgia, Pennsylvania, hingga Arizona yang bisa menjadi penentu dalam kampanye musim gugur ini.

Trump sering bepergian ke New Hampshire pada bulan-bulan menjelang pemilihan pendahuluan, namun tidak menghabiskan banyak waktu di negara bagian tersebut dibandingkan para pesaingnya. Daripada melakukan pendekatan tradisional yang menyapa para pemilih secara pribadi atau dalam kelompok kecil, dia lebih memilih melakukan demonstrasi besar-besaran. Dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengeluh tentang masa lalu.

Jika Trump kembali ke Gedung Putih, dia berjanji akan memberlakukan agenda imigrasi garis keras yang mencakup penghentian migran melintasi perbatasan AS-Meksiko dan menerapkan kembali larangan perjalanan pada masa jabatan pertamanya yang awalnya menargetkan tujuh negara mayoritas muslim. Dia juga mengatakan meningkatnya jumlah imigran yang memasuki AS meracuni darah negara kita, kata-kata serupa yang pernah diucapkan Adolf Hitler.

Sementara itu, Biden menghadapi tantangannya sendiri. Ada kekhawatiran luas mengenai usianya yang sudah menginjak 81 tahun.

Perbedaan pendapat juga meningkat di dalam partainya mengenai aliansi Biden dengan Israel dalam perang melawan Hamas, sehingga menempatkan posisi presiden dalam risiko di negara-negara yang tidak stabil seperti Michigan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.