Sukses

Penampilan Dewasa Kim Ju Ae Putri Kim Jong Un Jadi Sorotan, Pakai High Heels 7 Cm Sampai Gaya Rambut Ala Ibunya

Penampilan baru putri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Ju Ae yang terlihat lebih dewasa tengah jadi sorotan.

Liputan6.com, Pyongyang - Penampilan baru putri Kim Jong Un yang terlihat lebih dewasa tengah jadi sorotan. Demikian seperti diberitkan The Straits Times, Minggu (21/1/2024). 

Kim Ju Ae pertama kali muncul di depan umum pada November 2022 saat peluncuran rudal. Saat itu, dia mengenakan mantel jenis puffy coat dan sepatu flat berwarna merah, dengan gaya rambut berponi ala anak sekolah.

Namun putri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang dikatakan berusia 10 atau 11 tahun pada tahun 2024, telah terlihat lebih dewasa setelah itu.

Penampilannya di perayaan Tahun Baru Korea Utara pada 31 Desember 2023 menimbulkan kehebohan, saat ia berjalan di karpet merah sambil memegang lengan ayahnya, mengenakan jaket kulit hitam dengan kerah bulu lebar, dengan rambut setengah tergerai -- gaya rambut favorit ibunya Ri Sol Ju dan bibinya Kim Yo Jong.

Tampilan yang lebih dewasa dilengkapi dengan sepatu high heels atau berhak tinggi yang diperkirakan setinggi 7 cm, yang diperbesar oleh media Korea Selatan, dengan menyatakan bahwa sepatu tersebut "cukup tinggi untuk dipakai oleh wanita dewasa”.

Seminggu kemudian, Ju Ae terlihat menemani ayahnya memeriksa pabrik ayam yang baru dibangun, penampilan pertamanya yang tidak berhubungan dengan militer. Kali ini, dia menambahkan gelombang pada rambutnya.

Para pengamat mengatakan meningkatnya frekuensi kemunculan Ju Ae di depan umum, seiring dengan perubahan cepat menuju citra yang lebih feminin, kemungkinan besar merupakan bagian dari kampanye propaganda besar-besaran yang direkayasa oleh bibinya yang mengepalai Departemen Propaganda dan Agitasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agenda Beragam di Balik Kemunculan Publik Kim Ju Ae

Profesor Yang Moo-jin, rektor Universitas Studi Korea Utara di Seoul, mengatakan kepada The Straits Times yang dikutip Minggu (21/1/2024) bahwa ada agenda beragam di balik pengungkapan Ju Ae kepada publik. Tuan Kim Jong Un disebut menunjukkan sisi lembutnya sebagai ayah yang penuh kasih sayang, sementara istrinya melengkapi gambaran ikatan keluarga yang kuat.

Dari sudut pandang satu-satunya Workers’ Party atau Partai Pekerja Korea Utara yang berkuasa dan militer Korea Utara, Kim Jong Un menunjukkan bahwa ia mengamankan masa depan negaranya melalui kemampuan nuklir, serta Ju Ae, yang mewakili generasi keempat dari garis keturunan Baekdu yang kuat.

Warga Korea Utara menyebut tiga generasi Kim yang memerintah Korea Utara sejak tahun 1948 sebagai garis keturunan Baekdu, yang diambil dari nama gunung yang terletak di titik paling utara semenanjung Korea dan dianggap sebagai rumah spiritual ras Korea.

3 dari 4 halaman

Pengamat Sebut Kim Ju Ae Dimanfaatkan Sebagai Alat Propaganda Sang Ayah

Prof Yang berkata: "Tampaknya Ju Ae dimanfaatkan tidak hanya sebagai penerus, tetapi juga sebagai alat dalam kegiatan propaganda ayah, ibunya, partai dan militer. Yang mengatur pemanfaatan ini kemungkinan besar adalah bibinya, Yo Jong."

Dr Bruce Bennett, seorang analis pertahanan senior di lembaga pemikir AS Rand Corporation, berpendapat bahwa hal ini juga bisa menjadi upaya Kim untuk melunakkan landasan bagi masyarakat Korea Utara – masyarakat yang sangat patriarki – untuk menerima penerus perempuan di masa depan.

"Saya pikir Kim, sejak awal, menyadari bahwa memiliki seorang perempuan yang menggantikan posisinya sebagai penerus akan sangat sulit, dan bahwa militer tidak akan menerima hal tersebut. Jadi sejak beberapa tahun yang lalu, dia mulai membuat adiknya mengambil tindakan yang sangat keras, (mengubahnya) menjadi tipe orang yang bisa memerintah militer Korea Utara."

"Mengenai putrinya, dia telah membawanya ke fasilitas militer. Jadi saya pikir dia tetap membuka pilihannya."

Merujuk pada kemesraan antara Kim dan Ju Ae, dia berkata: "Meskipun (Kim Yo Jong) adalah serigala jahat di Korea Utara, Kim menawarkan sisi yang lebih lembut pada putrinya."

Pemimpin Korea Utara itu terlihat memeluk dan mencium pipi Ju Ae saat perayaan Tahun Baru, beberapa hari sebelum mengancam akan memusnahkan Korea Selatan jika diprovokasi.

Dan jika niatnya memang untuk memberi isyarat bahwa Ju Ae akan menjadi pemimpin tertinggi berikutnya, maka masuk akal untuk membangun citra yang lebih dewasa untuknya, kata Dr Lee Sung Yoon, peneliti di Woodrow Wilson International Center for Scholars.

"Mungkin saja dia telah ditentukan secara internal sebagai ahli waris. Namun tentu saja, masih terlalu dini untuk mengumumkan hal tersebut kepada dunia. Itu akan mengundang ejekan."

Dan meskipun Badan Intelijen Nasional Korea Selatan baru-baru ini mengakui bahwa Ju Ae tampaknya adalah "penerus Kim yang paling mungkin", berdasarkan analisis aktivitas publiknya dan tingkat rasa hormat yang diberikan kepadanya, Dr Lee tetap skeptis.

"Ya, dia lucu dan secara fisik sepertinya telah tumbuh sedikit lebih tinggi selama setahun terakhir, tapi dia masih seorang gadis kecil. Apa yang dapat dilakukan oleh seorang anak praremaja berusia 11 tahun ketika ia menerima delegasi asing? Jika Kim meninggal hari ini, bisakah dia muncul sebagai pemimpin tertinggi?"

Profesor Leif-Eric Easley dari Ewha Womans University di Seoul memiliki pandangan serupa. "Kim dengan mencolok telah meningkatkan status putrinya, dengan memintanya menemaninya ke acara-acara penting dalam peran yang tampak seperti magang. Variasi penampilannya semakin luas, dan formalitas protokoler, bahasa, dan pakaiannya pun semakin meningkat.

“Namun, kami tidak yakin mengenai nama atau usianya, apalagi apakah dia adalah penerus pilihan Kim. Intelijen Korea Selatan mungkin menganggapnya sebagai penerus yang paling mungkin di antara kandidat-kandidat potensial yang diketahui, namun itu tidak berarti kemungkinan besar dia akan mewarisi rezim tersebut."

Dia menambahkan: "Departemen propaganda Pyongyang mungkin sudah merencanakannya beberapa dekade ke depan, tapi mungkin mereka lebih fokus pada citra pemimpin saat ini sambil memasang tabir untuk mengaburkan dinamika kekuasaan dalam politik Korea Utara."

 

4 dari 4 halaman

Bagaimana Masa Depan Nona Kim Yo Jong?

Anak bungsu mendiang Kim Jong Il yang penuh semangat itu dikatakan berusia 36 tahun pada tahun 2024. Dia secara luas dipandang sebagai wakil de facto kakak laki-lakinya Kim Jong Un dan diperkirakan sebagai penerus sebelum kemunculan Ju Ae.

Dikenal karena kecaman kerasnya, Kim Yo Jong berada di sisi kakaknya ketika dia mengunjungi Rusia dan bertemu Presiden Vladimir Putin pada September 2023 lalu.

Dalam pesan Tahun Barunya pada 2 Januari 2024 kepada Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, dia menggambarkannya sebagai "orang yang jujur dan bodoh yang mengungkapkan permusuhannya terhadap orang lain tanpa ragu-ragu”, sambil menyebut pendahulunya Moon Jae-in sebagai "orang yang jelek dengan madu di mulutnya dan pedang di hatinya".

Dr Lee, yang menulis buku, The Sister: North Korea’s Kim Yo Jong, The Most Dangerous Woman In The World, yang dirilis Juni lalu, yakin bahwa dia adalah pesaing yang kuat. “Dapat dibayangkan bahwa untuk saat ini, gadis kecil itu adalah pewarisnya. Ketika dia mencapai usia dewasa, dia sudah cukup dewasa untuk menjadi seorang pemimpin; Masih sangat muda, tapi masih belum anak-anak," ujarnya.

"Tetapi untuk sekitar 15 tahun ke depan, saya melihat hanya satu kandidat, anggota garis keturunan Baekdu yang layak untuk dapat menggantikan Kim jika Kim tidak mampu atau meninggal secara permanen, dan itu adalah Kim Yo Jong," ujar Dr Lee.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini