Sukses

Nauru Putus Hubungan dengan Taiwan Beberapa Hari Usai Presiden Baru Terpilih, China Menyambut

Nauru memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan demi China beberapa hari setelah Pilpres Taiwan dan presiden baru terpilih; William Lai.

Liputan6.com, Beijing - Salah satu sekutu diplomatik terakhir Taiwan telah memutuskan hubungan dan mendukung Beijing, hanya selang beberapa hari setelah pilpres Taiwan, saat presiden baru dipilih di Taipei.

Nauru, sebuah pulau kecil di Mikronesia, hanyalah salah satu dari 12 negara yang mempertahankan hubungan diplomatik dengan Taipei. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Beijing – yang bersikeras bahwa Taiwan adalah bagian dari China – telah memburu sekutu diplomatiknya.

Taiwan berpendapat kekalahan terbaru ini terkait dengan hasil pemilu akhir pekan, yang membuat marah China.

Pemilu Taiwan ini memperlihatkan para pemilih memilih kandidat pro-kedaulatan William Lai sebagai presiden mereka berikutnya, seorang pria yang dicap Beijing sebagai "pengacau" atas pernyataan yang dibuatnya di masa lalu yang mendukung kemerdekaan Taiwan, yang dianggap sebagai di luar batas.

"Waktu ini bukan hanya merupakan pembalasan China terhadap pemilu demokratis kami, tetapi juga merupakan tantangan langsung terhadap tatanan internasional," kata pihak berwenang Taiwan setelah pemerintah Nauru mengumumkan bahwa pihaknya "tidak lagi mengakui [Taiwan] sebagai negara terpisah, melainkan sebagai bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayah China”.

Dalam konferensi media pada Senin (15/1/2024), seperti dikutip dari BBC, Wakil Menteri Luar Negeri Taipei Tien Chung-kwang menuduh China mengambil keuntungan dari "fluktuasi politik" baru-baru ini di Nauru untuk "membeli" negara tersebut dengan bantuan keuangan.

"Dunia telah memperhatikan perkembangan demokrasi Taiwan. Jika [Beijing] terus menggunakan metode tercela seperti itu untuk merebut hubungan diplomatik Taiwan, negara-negara demokratis di seluruh dunia tidak akan mengakuinya," tutur Tien.

Meski begitu, kementeriannya tetap "sangat waspada" untuk melawan tindakan lebih lanjut dari China yang mengisolasi Taiwan di panggung internasional, imbuh Tien.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

China Sambut Keputusan Nauru

China – yang menganggap pulau berpenduduk 23 juta jiwa itu sebagai provinsi yang memisahkan diri dan pada akhirnya akan berada di bawah kendali Beijing – menyambut baik keputusan Nauru.

"Keputusan pemerintah Nauru untuk melanjutkan hubungan diplomatik dengan China sepenuhnya menunjukkan sekali lagi bahwa prinsip satu China adalah kehendak rakyat dan tren zaman," kata Kementerian Luar Negeri China.

Ini bukan pertama kalinya Nauru memutuskan hubungan dengan Taiwan, yang menganggap dirinya berbeda dari China daratan, dengan konstitusinya sendiri dan pemimpin yang dipilih secara demokratis.

Pada tahun 2002, Nauru melakukan peralihan diplomatik serupa ke China - Nauru kemudian memulihkan hubungan dengan Taiwan pada Mei 2005.

 

3 dari 3 halaman

Analis Sudah Menduga Sikap Nauru Terhadap China dan Taiwan

Para analis juga mengatakan kepada BBC bahwa tindakan Nauru bukanlah hal yang tidak terduga.

"Kemungkinan Nauru akan mengalihkan pengakuan dari Taiwan ke China sudah ada sejak lama," kata Anna Powles, profesor studi keamanan di Universitas Massey Selandia Baru.

Kecepatan Australia dalam mewujudkan perjanjian yang menawarkan perlindungan iklim kepada warga Tuvalu pada akhir tahun lalu mencerminkan kekhawatiran bahwa Tuvalu, negara Pasifik lainnya, “berada di bawah tekanan untuk mengalihkan pengakuan ke China”, kata Powles.

"Kekhawatiran ini meluas ke Nauru," kata Powles lagi.

"China selalu berusaha mengikis pengaruh Taiwan, terutama di Pasifik, tempat banyak negara kecil mencari keuntungan pembangunan," kata Mihai Sora, peneliti di Pacific Islands Program di Lowy Institute, sebuah wadah pemikir yang berbasis di Australia.

"Karena Taiwan memiliki lebih sedikit sekutu diplomatik di seluruh dunia, masing-masing sekutu menjadi lebih penting dalam klaim kedaulatannya… Dan sangat mungkin bahwa China akan terus mencari peluang untuk mengikis sekutu tersebut."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini