Sukses

Debat Capres ke-3 Disorot Media Asing, Pesawat Bekas Prabowo hingga Laut China Selatan Curi Perhatian

Debat capres 2024 yang ketiga ini ternyata tak hanya jadi sorotan Tanah Air, tapi juga mencuri perhatian luar negeri. Sejumlah media asing terlihat turut memberitakan aksi panggung ketiga calon presiden Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Minggu 7 Januari 2024 pukul 19.00 WIB debat calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) digelar di Istora Senayan, Jakarta.

Debat capres ketiga ini ternyata tak hanya jadi sorotan Tanah Air, tapi juga mencuri perhatian luar negeri. Sejumlah media asing terlihat turut memberitakan aksi panggung ketiga calon presiden Indonesia.

Media Singapura The Straits Times, menyorot salah satu topik tentang Laut China Selatan yang diangkat dalam salah satu pembahasan di debat capres 2024 tersebut.

"Tiga calon presiden Indonesia bergulat dengan topik Laut China Selatan, peran kelompok regional ASEAN dalam menjaga perdamaian di perairan tersebut, dan isu-isu pertahanan, kebijakan luar negeri, dan etika lainnya dalam debat ketiga mereka pada tanggal 7 Januari," tulis The Straits Times dalam artikel bertajuk "South China Sea, Asean among topics discussed at Indonesia’s third presidential debate" yang dikutip Senin (8/1/2024).

Dari Amerika Serikat, media VOA News, melalui "Indonesia's Presidential Hopefuls Face Off in Debate" mengulas isu debat capres-cawapres 2024 tersebut.

"Para calon presiden Indonesia mengadakan debat kedua pada hari Minggu, yang membahas pertahanan, geopolitik, dan diplomasi. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan akan bersaing dalam pemilu pada 14 Februari untuk memimpin negara kepulauan terbesar di dunia," tulis VOA News.

Sementara itu media Jordan Times juga turut memuat isu debat capres-cawapres yang berlangsung Sabtu (7/1) dengan artkel berjudul serupa milik VOA News.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebijakan Prabowo Beli Pesawat Bekas Jadi Sorotan

Melalui artikel bertajuk "Indonesia's Prabowo grilled over fighter jet plan in third debate", media Jepang Nikkei Asia  menyorot Prabowo Subianto dalam debat capres-cawapres 2024 pada hari Sabtu (7/1).

"Selama debat resmi ketiga menjelang pemilihan presiden Indonesia bulan depan..., kandidat utama Prabowo Subianto dikecam atas rencana kementeriannya untuk membeli jet tempur bekas dari Qatar," tulis media tersebut.

Media Amerika Serikat Bloomberg, juga memuat isu debat capres-cawapres Indonesia tersebut, melalui artikel bertajuk "Indonesian Presidential Contenders Spar on Defense, Foreign Debt", menyorot perihal utang luar negeri.

"Para calon presiden Indonesia berdebat mengenai berbagai isu mulai dari risiko utang luar negeri hingga penyelesaian sengketa Laut China Selatan dalam debat yang disiarkan televisi pada Minggu malam, debat ketiga menjelang pemilu pada bulan Februari," tulis Bloomberg.

3 dari 4 halaman

Sekilas Soal Debat Capres-Cawapres 2024

Debat ke-3 bakal calon presiden (bacapres) dan wakil presiden (bacawapres), diselenggarakan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) pukul 19.00 WIB.

Untuk pelaksanaan debat capres-cawapres kali ini, KPU telah menetapkan 11 nama Panelis yang bertugas merumuskan pertanyaan-pertanyaan debat.

Selain Panelis, KPU juga telah menetapkan Moderator Debat III, yakni Ariyo Ardi,Jurnalis Global TV dan Anisha Dasuki, jurnalis iNews TV.

Selama masa kampanye, debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang difasilitasi oleh KPU dilangsungkan sebanyak 5 (lima) kali; 3 (tiga) kali untuk Calon Presiden dan 2 (dua) kali untuk Calon Wakil Presiden, sebagaimana diatur dalam Pasal 50 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum. Seluruh debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan di Jakarta.

4 dari 4 halaman

2.366 Polisi Amankan Debat Capres di Istora Senayan Minggu 7 Januari 2024

Polda Metro Jaya menyiapkan ribuan personel polisi dalam rangka pengamanan gelaran debat capres yang bakal diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 7 Januari 2024.

"Kami telah membuat perencanaan dalam pengamanan kegiatan tersebut ini ada 2.366 personel yang terdiri dari Satgas Pusat. Kemudian Satgas Daerah maupun Satgas Res," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri sekaligus Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat (5/1/2024).

Dari ribuan personel yang dikerahkan, lanjut Trunoyudo, petugas akan ditempatkan di beberapa titik untuk mengamankan lokasi debat Pilpres 2024 yang digelar di Gelanggang Bulutangkis, yang masih dalam area Istora Senayan

Selain penempatan personel, Trunoyudo juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas secara situasional. Sampai dengan penyediaan kantong parkir, untuk para tamu dan pendukung pasangan calon.

"Ditlantas akan melakukan pengaturan terhadap pintu gerbang kemudian akses dan beberapa tempat lainnya yang sifatnya nanti apabila dibutuhkan. Tentu akan kita lakukan langkah-langkah rekayasa lalu lintas namun sifatnya situasional," kata dia.

"Ya untuk beberapa kawasan di wilayah Istora Senayan tentu banyak kantong -kantong parkir yang kita siapkan baik itu tempat area parkir utama dari Istora Senayan. Dan kemudian dari lapangan madya dan daerah-daerah lainnya tentu ini akan jadi bagian dari kantong parkir," tambahnya.

Dengan persiapan yang sudah dijalankan, dia mengajak semua pihak saling kolaboratif menjaga keamanan dan ketertiban selama gelaran debat berlangsung.

Debat kali ini akan diikuti para capres yaitu Anies Rasyid Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Mereka akan memaparkan pandangannya sesuai tema debat pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Debat yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, bakal dimulai pukul 19.00 WIB. Dengan durasi debat 150 menit, termasuk iklan. Adapun durasi khusus debat yaitu 120 menit yang terbagi dalam enam segmen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini