Sukses

Wanita di Ghana Berhasil Pecahkan Rekor Dunia, Menyanyi Hampir 5 Hari

Motivasi utamanya adalah untuk mempromosikan industri musik Ghana.

Liputan6.com, Jakarta - Wanita di Ghana berhasil memecahkan rekor dunia Guinness World Records setelah berhasil bernyanyi selama hampir 127 jam atau sekitar hampir lima hari.

Dilansir UPI, Kamis (4/1/2024), Afua Asantewaa, seorang pengusaha dan mantan ratu kecantikan, menyanyikan 125 lagu pada Malam Natal dan selesai lima hari kemudian.

Asantewaa diizinkan istirahat 5 menit setiap jam atau istirahat 20 menit setiap empat jam berdasarkan aturan Guinness World Records.

Wanita itu berusaha memecahkan rekor 105 jam yang dipecahkan oleh musisi India Sunil Waghmare pada tahun 2012.

Bahkan ketika sedang melakukan tantangan menyanyi tersebut, ia sempat lupa hari apa saat itu.

"Pada satu titik, aku terus bertanya hari apa ini, dan akhirnya aku tahu bahwa hari ini adalah hari Jumat," guraunya.

"Ini hanyalah sebuah mimpi yang terwujud hanya dalam kurun waktu lima hari. ... Saya bahkan tidak ingat bagaimana awalnya, apalagi bagaimana akhirnya."

Namun, kakak laki-lakinya, Afra Harrison Ofosu, menjelaskan bagaimana adiknya bisa memecahkan rekor tersebut.

"Jadi, awalnya hanya sebuah lelucon, ketika dia menulis ke buku rekor Guinness tentang tantangan tersebut," katanya, seperti dikutip DW.

Sejak mulai memecahkan rekor pada Malam Natal itu, massa mulai berkumpul di taman umum bernama 'desa Akwaaba' di ibu kota, Accra, untuk menyaksikan penampilan Asantewaa.

"Atas nama suami saya, keluarga saya, tim relawan saya, media, otoritas Pariwisata Ghana, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada setiap orang yang berpartisipasi dalam upaya menyanyi ini," kata Asantewaa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berharap Bisa Menginspirasi

Sementara itu, Asantewaa berharap apa yang dilakukannya itu dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang, termasuk perempuan.

"Ini merupakan perjalanan yang mulus, sangat sukses, dan kami berharap dan percaya bahwa ini akan menjadi inspirasi bagi seluruh perempuan dan remaja atau individu untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba peluang baru," katanya.

"Ada banyak hal yang harus dilakukan di luar sana. Ketika Anda bertekad untuk melakukannya, Anda dapat mencapainya," lanjut dia.

Ayah Asantewaa, Thomas Ofori Ofosu, mengatakan bahwa pihak keluarga awalnya ragu dengan rencana tersebut.

"Ketika dia memberi tahu saya, saya tidak memahaminya," kata dia.

Namun, ketika putrinya itu mengatakan bahwa salah satu motivasi utama yang mendorongnya adalah untuk mempromosikan industri musik Ghana, saat itulah sang ayah sadar dan melihat pentingnya aksi tersebut.

"Saya merasa sangat bangga dengan putri saya," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Menarik Perhatian

Usai berhasil memecahkan rekor, aksi bernyanyi Asantewaa telah menarik banyak perhatian, termasuk dari wakil presiden Ghana, Mahamadu Bawumia. Ia bahkan datang ke tempatnya bernyanyi hingga memberikan semangat.

"Saya pikir, sebagai warga Ghana, kita harus memberinya semua dukungan dan dorongan moral semampu kita," kata Bawumia kepada wartawan.

"Saya datang ke sini untuk memberi tahu dia bahwa Ghana mendukungnya, dan bahwa dia harus terus maju dan memecahkan rekor."

Asantewaa fokus menyanyikan lagu-lagu Ghana secara eksklusif, mencakup genre populer seperti gospel, highlife, dan hiplife.

4 dari 4 halaman

Jadi Tren

Upaya pemecahan rekor Aduonum telah menjadi tren di seluruh media sosial pada musim perayaan ini, mempertemukan warga Ghana, tua dan muda, dalam pesta berskala nasional.

"Dia mencoba melakukan hal luar biasa ini dengan menyatukan semua musisi (di Ghana) menjadi satu," kata kakaknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini