Sukses

Penemuan Pertama Lumba-lumba Punya 2 'Jempol', Bikin Heran Para Ilmuwan

Para peneliti menemukan seekor lumba-lumba yang memiliki sepasang "ibu jari" atau jempol. Lumba-lumba ini dikabarkan sebagai satu-satunya contoh kelainan serupa yang pernah diamati oleh para peneliti di perairan.

Liputan6.com, Athena - Makhluk yang tampak seperti hibrida alias hasil persilangan antar spesies berbeda tampaknya kini tidak hanya terbatas pada mitologi Yunani. 

Sebuah penemuan dari perairan Yunani yang bikin heran para ilmuwan ini mungkin dapat dikategorikan sebagai makhluk hibrida dalam dunia nyata. Pasalnya, ditemukan seekor lumba-lumba yang memiliki sepasang "ibu jari" atau jempol.

Lumba-lumba ini dikabarkan sebagai satu-satunya contoh anomali perairan yang pernah diamati.

"Ini adalah pertama kalinya kami melihat morfologi sirip yang mengejutkan ini dalam 30 tahun survei di laut terbuka dan juga dalam penelitian, sambil memantau semua lumba-lumba yang terdampar di sepanjang pantai Yunani selama 30 tahun," kata Alexandros Frantzis, koordinator ilmiah dan presiden dari Pelagos Cetacean Research Institute kepada LiveScience.

Lumba-lumba 'berjari' ini ditemukan pada dua kesempatan terpisah di musim panas lalu saat Alexandros dan tim peneliti melakukan survei perahu di Teluk Korintus di Laut Ionia sebagaimana dilansir New York Post, Minggu (17/12/2023).

Meskipun termasuk dalam salah satu dari 1.300 lumba-lumba jenis striped dolphin di teluk tersebut, individu ini menjadi satu-satunya yang ditemukan memiliki 'dua jempol' kepada oleh para peneliti.

Meski unik dan berbeda, lumba-lumba 'berjari' ini dikabarkan tetap diterima oleh kawanan sesamanya. Para peneliti mengatakan bahwa hewan yang tergolong dalam ordo cetacea ini aktif berenang, melompat, bermain, dan sebagainya dengan lumba-lumba lainnya. Hal ini dijelaskan oleh Frantzis yakni fotografer hewan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab dan Fungsi Jari Pada Lumba-Lumba Tersebut

Para ilmuwan meyakini bahwa jempol lumba-lumba tersebut bukan disebabkan oleh penyakit, melainkan oleh kelainan genetik yang muncul akibat perkawinan sedarah yang berkelanjutan. 

Pendapat tersebut disetujui oleh seorang profesor anatomi mamalia di Northeast Ohio Medical University, Lisa Noelle Cooper. "Mengingat cacat tersebut terjadi pada sirip kiri dan kanan, hal ini mungkin disebabkan oleh perubahan program genetik yang membentuk sirip selama perkembangan saat menjadi anak," katanya.

Menariknya, semua hewan dalam ordo cetacea, termasuk lumba-lumba, paus, dan portoise, dikabarkan memang memiliki lengan dan "jari" mirip manusia sebagai warisan evolusi dari ribuan tahun lalu ketika mereka adalah makhluk darat berkaki empat. 

Pada kasus lumba-lumba berjempol ini, Lisa Cooper menyatakan hewan tersebut mengalami cacat genetik sehingga hilangnya selubung jaringan menyebabkan ia hanya memiliki "ibu jari" dan "jari manis." 

Meski dikabarkan bahwa jari dalam hewan tersebut memiliki tulang, tetapi ilmuwan mengatakan bahwa fungsinya tidak ada. 

3 dari 4 halaman

Berwujud Aneh, Ini 3 Hewan yang Memiliki Jari Kaki yang Unik

Tahukah Anda bahwa kaki hewan yang ada di dunia ini memiliki bentuk yang berbeda dan unik? Umumnya, kaki satwa-satwa di muka Bumi diciptakan untuk beradaptasi dan disesuaikan dengan habitat hidup mereka.

Beberapa fitur seperti cakar kokoh, bahkan dapat menggali lubang di tanah yang bertekstur padat. Sedangkan hewan lainnya menggunakan kuku-kuku tajam dan melengkung mereka untuk menangkap dan mencengkeram mangsa yang cepat bergerak. Ada pula yang memiliki bisa menyengat di dalam kuku tersebut.

Entah itu digunakan sebagai alat penggali, menggenggam mangsa atau 'mesin pembunuh', kaki hewan bentuknya aneh dan unik. Dikutip dari Live Science, Minggu (24/3/2019), berikut adalah 3 contoh di antaranya.

1. Alpaca

Jari kaki yang kokoh dan kaki berbulu alpaca membantu mereka menavigasi habitat di pegunungan Andes yang dingin dan tinggi di Amerika Selatan. Binatang jinak ini termasuk dalam keluarga unta, termasuk dromedari, llama, guanacos, dan vicunas.

Selengkapnya klik disini...

4 dari 4 halaman

Uniknya Kulit Anak Gajah Ini Berwarna Merah Muda, Apa Penyebabnya?

Kisah hewan memiliki bentuk tubuh unik karena kelainan juga terjadi di benua Afrika. Seekor anak gajah dengan kulit unik berwarna pink atau merah muda berkumpul bersama kawanannya di Afrika Selatan.

Gajah mungkin dikenal oleh sejumlah orang sebagai hewan yang besar dan kuat. Hewan berbelalai ini normalnya memiliki kulit berwarna abu-abu gelap.

Namun, di Afrika Selatan terdapat seekor anak gajah berkulit merah muda alih-alih berwarna abu-abu.

Melansir UPI, Kamis (7/12/2023), Victoria Craddrock, seorang pemandu dari MalaMala di Afrika Selatan berbagi kisah bagaimana ia menyaksikan anak gajah tersebut yang juga dibagikannya di laman LatestSightings.

Saat itu, Victoria pergi menuju Sand River untuk mencari beberapa gajah pada sore hari. Ia menikmati pemandangan alam yang tenang dan indah.

Terdengar pula geraman dari kuda nil dari pinggir sungai. Victoria juga terpesona akan pemandangan tanaman hijau di sekitarnya.

Pemandu ini pun memutuskan untuk duduk di tepian sungai tersebut. Hanya jeda beberapa detik setelah itu, sekumpulan kawanan gajah pertama terlihat olehnya.

Selengkapnya klik disini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.