Sukses

Kedubes AS Gelar Pameran Pendidikan S2 di Amerika, Sediakan Beasiswa untuk Pelajar Indonesia

Kedubes AS menggelar pameran pendidikan pascasarjana (S2), membahas peluang beasiswa yang disediakan bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Amerika Serikat menggelar pameran pendidikan pascasarjana (S2) di AS, bertempat di Jakarta pada Minggu (8/10/2023).

Pameran ini berlangsung di tiga kota di Indonesia, berikut ini jadwalnya:

  • Malang pada tanggal 5 Oktober
  • Jakarta pada tanggal 8 Oktober
  • Yogyakarta pada tanggal 10 Oktober

Pameran ini merupakan inisiatif dari Kedubes AS melalui EducationUSA, lembaga resmi pendidikan tinggi AS.

Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan informasi yang jelas dan mempermudah pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kesempatan untuk melanjutkan studi pascasarjana di AS.

Jason Rebholz, Konselor Diplomasi Publik AS, mengatakan bahwa pameran pendidikan tinggi ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat hubungan diplomasi Indonesia-AS via pendidikan.

"Amerika Serikat melakukan segala upaya untuk memperkuat hubungan antara kedua negara dan kami menyambut mahasiswa dari Indonesia untuk belajar di Amerika. Kami menyediakan lebih dari 10.000 program budaya dan pendidikan. Kami juga menawarkan penasihat pendidikan profesional melalui program EducationUSA saat ini, tanpa biaya," ujar Rebholz.

Rebholz juga turut menjelaskan mengenai beasiswa yang diberikan AS untuk para pelajar tiap tahunnya. Melalui pameran ini, ia berharap akan banyak pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di AS.

"Kami dengan senang hati menyambut minat besar yang ditunjukkan oleh para pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika Serikat. Saya ingin menegaskan bahwa hampir semua pelajar Indonesia memiliki peluang untuk melamar beasiswa ini," ujar Rebholz.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

20 Universitas dari Amerika Serikat Turut Berpartisipasi

Terdapat 20 universitas terkemuka dari AS yang berpartisipasi dalam pameran ini, mereka memberikan informasi kepada para pengunjung tentang program pascasarjana yang mereka tawarkan.

Berikut daftar 20 universitas yang berpartisipasi:

  1. Carnegie Mellon University – Heinz College of Information Systems & Public Policy
  2. Carnegie Mellon University – Tepper School of Business
  3. Dallas Baptist University
  4. Georgetown University – Walsh School of Foreign Service
  5. Gonzaga University
  6. Harvard University – Kennedy School of Government
  7. Indiana University at Bloomington
  8. Johns Hopkins University – Carey Business School
  9. Katz School of Science and Health Yeshiva University
  10. Missouri University of Science and Technology
  11. New York University, North Carolina State University – School of Professional Studies
  12. North Carolina State University
  13. SUNY at Albany
  14. University of Colorado at Boulder
  15. University of Illinois, Urbana-Champaign
  16. University of Michigan, Ann Arbor
  17. University of Missouri, Columbia
  18. University of Nevada Las Vegas
  19. University of Rhode Island
  20. Yale University – School of the Environment

Beberapa universitas di atas tak hanya fokus merekrut mahasiswa untuk program pascasarjana dan doktor di AS, mereka juga menyediakan sesi informasi khusus bagi mahasiswa yang tertarik dengan program pertukaran jangka pendek dan program sarjana.

3 dari 3 halaman

Mengeksplorasi Peluang Pendidikan Tinggi di Amerika Serikat

Selain perguruan tinggi AS, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari lembaga terkait pendidikan, yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kehadiran mereka di pameran ini untuk memberikan informasi tambahan dan panduan mengenai beasiswa serta bantuan finansial untuk studi pascasarjana di Amerika Serikat.

Terdapat beberapa rangkaian acara dalam pameran ini, seperti menghadirkan para alumni AS yang tergabung dalam ALUMNAS, mereka memberikan pengalaman tentang kehidupan akademik dan sosial di Amerika Serikat, membantu calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk pengalaman studi internasional.

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) turut berpartisipasi dalam pameran ini untuk memberikan informasi tentang Beasiswa Fullbright. Selain itu, para pengunjung pameran juga mendapatkan panduan tentang cara menulis esai yang baik untuk mendaftar ke universitas di AS.

Pameran pendidikan pascasarjana yang diselenggarakan oleh kedubes AS ini merupakan kesempatan berharga bagi para pelajar Indonesia, untuk mengeksplorasi peluang pendidikan di Amerika Serikat.

Diharapkan, acara ini akan membuka pintu bagi banyak generasi muda Indonesia untuk meraih pendidikan tinggi tingkat pascasarjana di universitas-universitas terkemuka di Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini