Sukses

9 Oktober 1995: Kecelakaan Kereta di Gurun Arizona yang Masih Jadi Misteri

Pada tanggal 9 Oktober 1995, kereta penumpang Amtrak Sunset Limited mengalami kecelakaan di gurun Arizona, lebih dari 50 mil dari Phoenix.

Liputan6.com, Phoenix - Pada tanggal 9 Oktober 1995, kereta penumpang Amtrak Sunset Limited mengalami kecelakaan di gurun Arizona, lebih dari 50 mil atau sekitar 80 km dari Phoenix.

Kecelakaan ini menyebabkan hampir 100 penumpang terluka dan mengakibatkan satu karyawan Amtrak tewas.

Perjalanan kereta lintas negara yang semula biasa-biasa saja pada tahun 1995, tiba-tiba berubah menjadi tragedi yang memilukan.

Kereta penumpang Amtrak Sunset Limited, yang sedang dalam perjalanan dari Miami menuju Los Angeles, tidak pernah sampai ke tujuannya. Ia disabotase dan tergelincir di tengah gurun Arizona.

Melansir npr.org, Senin (9/10/2023) penyelidikan atas insiden ini masih terus berlanjut. Kantor lapangan FBI di Phoenix, Asisten Special Agent in Charge Mark Cwynar mengumumkan hadiah sebesar US$ 310.000 atau sekitar Rp4,8 miliar bagi siapa pun yang memberikan informasi yang bisa membantu dalam penangkapan pelaku sabotase Sunset Limited.

Cwynar menyatakan, "Kami ingin menyampaikan pesan yang jelas kepada pelaku tindakan sabotase yang kejam ini: kami sedang mengawasi Anda, dan kami akan membawa Anda ke pengadilan."

Kisah tragis ini dimulai pada malam 9 Oktober 1995, sekitar pukul 01:30 pagi waktu setempat.

Salah satu penumpang, Neal Hallford, terbangun oleh suara mengerikan: deritan rem kereta yang tajam di depannya. Ia merasakan benturan hebat, dan seketika itu semua lampu dalam kereta padam.

Sunset Limited tergelincir di tengah gurun Arizona, jauh dari jalur kereta yang seharusnya dilaluinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kisah dari Para Korban Selamat

Beberapa gerbong jatuh ke dalam jurang yang dalam 30 kaki ketika kereta melintasi jembatan. Brian Hamblet dan istrinya ada di salah satu gerbong yang jatuh.

"Saya bisa mendengar kereta melaju di atas rel... dan saya merasa kereta agak terangkat dan mulai miring perlahan," ungkap Hamblet, salah satu penumpang. "Kemudian, kereta itu jatuh dengan cepat."

Suara teriakan penumpang lainnya terdengar di sekeliling mereka. "Semua orang terbangun dan menyadari apa yang terjadi saat kami jatuh," kenangnya. "Saya ingat berteriak kepada istri saya, dan ia juga berteriak. Ternyata, kami berdua selamat."

Mereka kemudian naik ke gerbong lain untuk melarikan diri melalui jendela dan kemudian kembali untuk membantu mereka yang terluka.

Sementara itu, di kota terdekat, Buckeye, Arizona, Patricia Borree adalah satu-satunya petugas dispatch polisi yang sedang bertugas pada malam itu. "Shift malam biasanya cukup sepi," ujarnya. Namun, panggilan darurat tentang kereta penumpang yang tergelincir membuatnya segera beraksi.

Borree menghubungi semua personel pemadam kebakaran dan ambulans yang pada saat itu merupakan relawan.

Mereka segera bergerak menuju tempat kejadian. Para pekerja penyelamat harus mengatasi medan gurun dan sungai kering untuk mencapai lokasi kecelakaan.

Borree juga menghubungi petani setempat untuk membersihkan jalur setapak dan bahkan meminta lapangan udara lokal untuk memasok bahan bakar helikopter.

"Hal ini membutuhkan koordinasi yang besar untuk memastikan operasi penyelamatan berjalan lancar," katanya. "Itu adalah malam yang panjang bagi semua orang."

 

3 dari 4 halaman

Ada Hampir 100 Penumpang Terluka

Kecelakaan ini menyebabkan hampir 100 penumpang terluka dan satu orang, Mitchell Bates, yang berusia 41 tahun, tewas.

Mitchell adalah seorang penjaga kereta yang telah bekerja selama 20 tahun di perusahaan kereta api. Brian Hamblet bahkan mengingat pertemuannya dengan Mitchell selama perjalanan.

"Ia telah membawa kami handuk, selimut, dan beberapa bantal tambahan untuk istri saya," ungkap Hamblet. "Dia adalah pria yang sangat baik, jadi kami sangat terpukul ketika mendengar bahwa ia tidak selamat."

Neal Hallford yang keluar untuk mendapatkan udara segar di bawah cahaya bulan purnama melihat sesuatu yang menarik perhatiannya: di tanah, ada selembar kertas yang diletakkan di bawah sebuah batu di dekat reruntuhan.

Manifesto tersebut berisi pesan anti-pemerintah dan ditandatangani dengan nama "Sons of Gestapo."

Dari penemuan ini, terungkap bahwa ini bukanlah kecelakaan biasa. "Ini bukan kecelakaan," tegas Hallford. "Seseorang menyabotase kereta ini."

Larry McCormick, seorang agen khusus yang menjabat sebagai kepala FBI di Phoenix saat itu, segera tiba di tempat kejadian.

Dalam karirnya selama 30 tahun di FBI, ia telah menangani berbagai kasus besar seperti kasus Jimmy Hoffa dan pemboman Oklahoma City, namun, insiden ini dianggapnya sebagai yang sangat unik.

 

4 dari 4 halaman

FBI Masih Bantu Selidiki

Selain manifesto anti-pemerintah yang ditemukan, paku kereta telah dilepas dan ditinggalkan di sepanjang rel.

Tindakan ini melibatkan pelanggaran terhadap sistem keselamatan kereta sehingga masinis tidak memiliki pengetahuan tentang apa yang akan terjadi.

"Mereka telah dengan sengaja merusak rel kereta," kata McCormick. "Dan mereka melakukannya dengan cara yang menunjukkan bahwa mereka tahu bagaimana menggulingkan kereta."

Sebelum insiden ini, tidak ada yang pernah mendengar tentang Sons of Gestapo, dan sejak itu, kelompok tersebut tidak pernah muncul lagi.

Mark Potok, yang meliput dampak dari kecelakaan kereta tersebut untuk USA Today, kini bekerja di Southern Poverty Law Center dan memantau kelompok-kelompok ekstremis.

Ia mengatakan, "Ini adalah misteri yang terus berlanjut, dan pertanyaan utama adalah apakah ini adalah serangan politik terhadap pemerintah atau hanya tindakan individu yang tidak puas, marah, atau memiliki masalah jiwa."

Polly Hanson, Kepala Polisi Amtrak, menyatakan bahwa ia ingin keadilan bagi Mitchell Bates, karyawan Amtrak yang tewas dalam kecelakaan tersebut.

"Saya tahu bahwa Mr. Bates tidak memiliki keluarga yang masih hidup, jadi saya berdiri di sini mewakili keluarga Amtraknya," kata Hanson dalam pengumuman FBI baru-baru ini. "Mereka merasa terpukul dan marah atas kehilangan yang tidak masuk akal ini - kehilangan nyawa yang tragis."

Sejak itu, Amtrak dan FBI terus bekerja keras untuk mencari jawaban atas pertanyaan: Siapa yang berada di tengah gurun terpencil itu untuk menggulingkan Sunset Limited?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini