Sukses

31 Agustus 2005: Tragedi Kerumunan di Baghdad, Lebih dari 800 Peziarah Tewas

Lebih dari 800 peziarah Muslim Syiah tewas dalam tragedi kerumunan di Baghdad. Bom bunuh diri menciptakan kepanikan di antara ribuan peziarah yang berada di jembatan di atas Sungai Tigris, Baghdad.

Liputan6.com, Baghdad - Lebih dari 800 peziarah Muslim Syiah tewas dalam tragedi kerumunan di Baghdad. 

Pada Rabu, 31 Agustus 2005, berita teror tentang pengebom bunuh diri menciptakan kepanikan di antara ribuan peziarah yang berada di jembatan di atas Sungai Tigris, Baghdad. 

Merangkum dari washingtonpost.com, Kamis (31/8/2023), hal ini menyebabkan kerumunan yang mengakibatkan banyak orang melompat ke sungai atau jatuh ke kaki jalan di bawahnya.

Menurut Kementerian Kesehatan Irak, jumlah korban tewas mencapai 843 orang. Sementara Kementerian Dalam Negeri melaporkan angka 953 orang tewas dan 815 orang luka. 

Banyak jenazah telah dilarikan ke berbagai rumah sakit, masjid, dan rumah pribadi, sehingga sulit untuk menghitung secara akurat.

Bencana ini menyebabkan lebih banyak korban daripada insiden apapun sejak invasi yang dipimpin oleh AS pada tahun 2003. 

Para peziarah tengah berbaris menuju makam Kadhimiyah di Baghdad, namun kerumunan dan kepanikan terjadi karena serangan roket pemberontak pada pagi hari yang telah menewaskan tujuh jamaah. 

"Saya melihat seorang wanita tua yang sangat panik dan menangis, melemparkan dirinya dari jembatan," kata Fadhil, saksi mata. "Saya juga melihat seorang pria jatuh di atas batu tepi dan langsung mati. Saya melihat tujuh orang tewas dibawa ke dekat ujung jembatan, mati lemas."

"Orang-orang lain berlari dan berteriak, 'Allah besar! Allah besar!'" Lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Warga Saling Menolong

Para penyintas dan pejabat keamanan menyalahkan pos pemeriksaan keamanan di pintu masuk jembatan. 

Pos ini menyebabkan lalu lintas pejalan kaki menjadi terbatas, sehingga hanya beberapa orang yang bisa melintas pada satu waktu.

Dalam kejadian yang mengejutkan di tengah persaingan sektarian, para penyintas dan penyelamat mengakui bahwa warga lingkungan Arab Sunni telah membantu menyelamatkan nyawa banyak peziarah Syiah.

Saksi mata melaporkan bahwa warga Sunni dari distrik Adhamiyah masuk ke Sungai Tigris untuk menolong peziarah Syiah dan menarik mereka dari air, serta membantu menyelamatkan nyawa mereka.

Pemerintah Irak mendeklarasikan tiga hari berkabung nasional untuk para korban, yang sebagian besar adalah perempuan, anak-anak, dan orang tua yang terlalu lemah untuk bertahan dalam kerumunan. Para pejabat pemerintah saling menyalahkan atas tragedi ini, beberapa mengklaim bahwa serangan pemberontak menjadi penyebabnya.

Kerusuhan dimulai di ujung timur jembatan yang menghubungkan Adhamiyah dengan pemukiman Syiah di sisi lain sungai. Kerumunan yang menuju makam Kadhimiyah terjebak di pos pemeriksaan beton, sementara kerumunan yang kembali dari makam mencoba mendorong melewati arah sebaliknya.

Para saksi mata melaporkan bahwa kerumunan yang berjalan di tengah jembatan melompat ke Sungai Tigris dari ketinggian lebih dari 90 kaki. Beberapa dari mereka yang berada di ujung jembatan melompat dan jatuh ke tanah di bawahnya.

Kondisi darurat ini menggambarkan situasi mengerikan di atas jembatan, dengan banyak peziarah yang terinjak-injak dan jatuh dalam kerumunan. Warga Adhamiyah bahkan menggunakan peralatan taman bermain, seperti tangga dan ayunan, untuk membantu peziarah naik ke jembatan dan menyelamatkan mereka.

3 dari 3 halaman

Dianggap Terlambat Mengarahkan Arus Keluar-Masuk

Ahmed Hussein dan warga lain dari lingkungan itu berlari dari toko-toko dan rumah untuk turut membantu.

"Kami berlari dengan pickup, mobil, apa pun yang bisa kami gunakan untuk membawa jenazah. Jumlah mobil terlalu sedikit untuk jumlah korban yang banyak," kata Hussein. "Kami meletakkan perempuan, pria, anak-anak, di setiap mobil."

Orang lain yang ikut membantu, menarik kasur dari tempat tidur mereka untuk membawa korban, katanya: "Kami membawa, tanpa tahu apakah mereka mati atau hidup."

Jabbar, seorang anggota milisi menyatakan, "melompat ke sungai untuk menyelamatkan orang–siapa pun." Orang pertama yang ditemuinya adalah seorang pria, "wajahnya hijau, dan saya menemukannya sudah tak bernyawa. Maka saya meninggalkannya, lanjut mencari, mencoba menyelamatkan seseorang."

Saksi lainnya, Fadhil, seorang tukang emas, menggambarkan bagaimana seorang syekh Sunni melompat ke sungai dengan perahu motor kecil dan perahu dayung untuk membantu menarik korban ke tepi.

Dalam tragedi lain di hari yang sama, beberapa mortar dan roket mengenai daerah sekitar makam Kadhimiyah, menewaskan tujuh orang dan melukai puluhan lainnya. Helikopter Apache AS merespons dengan menyerang para penyerang.

Pada sore hari, petugas keamanan berhasil mengatur aliran peziarah yang masuk dan keluar dari makam dengan lebih teratur. Namun, langkah ini dianggap terlambat oleh banyak peziarah, yang merasa bahwa hal tersebut seharusnya dilakukan sebelum tragedi terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.