Sukses

Peringati HUT ke-78 RI, Balai Kota Seoul dan Namsan Tower di Korea Selatan Bercahaya Merah Putih

Dua lokasi wisata ternama dan kerap dikunjungi wisatawan lokal serta mancanegara di Korea Selatan ikut menyemarakkan suasana HUT ke-78 RI dengan menampilkan cahaya warna bendera merah putih.

Liputan6.com, Seoul - Semarak hari kemerdekaan Indonesia atau HUT ke-78 RI ternyata juga terasa di Korea Selatan. Sejumlah ikon di Negeri Ginseng menampilkan cahaya merah putih, warna bendera Indonesia.

"Dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-78 RI, pada 17 Agustus 2023 KBRI Seoul bekerjasama dengan Pemerintah Metropolitan Seoul menyelenggarakan Light Up Red and White di lokasi landmark Kota Seoul yaitu Balai Kota dan Menara Namsan (Namsan Tower). Keduanya merupakan lokasi wisata ternama dan kerap dikunjungi wisatawan lokal serta mancanegara", kata Gandi Sulistiyanto, Duta Besar RI di Seoul dalam pernyataan tertulisnya seperti dikutip Sabtu (18/8/2023).

Sorot lampu berwarna bendera merah putih menyinari Gedung Balai Kota pada tanggal 17 Agustus 2023 mulai pukul 20.00-22.00 KST.

Sementara, Namsan Tower (Menara Namsan) disinari cahaya lampu berwarna merah putih pada 17 Agustus 2023 pukul 19.00-23.00 KST. Selain sinar merah putih, logo peringatan 50 Tahun Persahabatan Indonesia dan Korea Selatan turut ditayangkan.

Adapun Hubungan Persahabatan antara Indonesia Korea Selatan mencapai setengah abad di tahun 2023. Tahun ini peringatan hubungan diplomatik bertema persahabatan yang lebih erat dan kemitraan yang lebih kuat. Ke depan ditargetkan peningkatan people to people diplomacy antara kedua negara.

Untuk diketahui, Menara Namsan dibangun lebih dari 4 dekade yang lalu. Menara tersebut merupakan gedung pertama yang dibangun di Korea yang ditujukan sebagai gedung multi fungsi. Meskipun kini banyak gedung yang lebih tinggi, Menara ini tetap menjadi destinasi wisata ikonik bagi wisatawan domestik dan asing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Selamat HUT ke-78 RI

Di depan Balai Kota yang disoroti lampu merah putih, Duta Besar RI di Seoul Gandi Sulistiyanto bersama istri, Susi A. Sulistiyanto dan keluarga besar KBRI Seoul menyampaikan ucapan Dirgahayu ke-78 RI. Turut mendampingi Wakil Kepala Perwakilan RI, Zelda Wulan Kartika.

Gedung Balai Kota Seoul dibangun pada tahun 1925, Balai Kota kemudian direnovasi pada tahun 2008. Tim arsitek merancang Balai Kota menjadi gedung yang futuristik dengan menggunakan tenaga surya.

Di tahun 2012, gedung Balai Kota yang lama disambungkan dengan gedung baru yang dilandasi prinsip ramah lingkungan. Gedung baru berisi 70.000 tanaman dari 14 spesies yang berbeda.

 

3 dari 4 halaman

KBRI Seoul Gelar Peringatan HUT ke-78 RI, Dubes Gandi Tekankan Pentingnya Kontribusi Diaspora untuk Indonesia

Sebelumnya, KBRI Seoul mengadakan upacara peringatan kemerdekaan HUT ke-78 RI pada Kamis 17 Agustus 2023, dipimpin oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto. Sementara itu Atase Pertahanan KBRI Seoul, Kolonel (Pnb.) Akal Juang bertugas sebagai komandan upacara. 

Upacara pengibaran bendera dimulai pukul 09.00 waktu setempat, sementara upacara penurunan bendera yang akan dipimpin oleh Wakil Kepala Perwakilan KBRI Seoul Zelda Wulan Kartika akan dilaksanakan pada pukul 17.00.

Berdasarkan pernyataan pers yang diterima Liputan6.com, upacara tersebut diikuti oleh sekitar 150 peserta yang terdiri dari pejabat dan staf KBRI Seoul, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Busan, Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Seoul, Dharma Wanita Persatuan KBRI Seoul, sejumlah BUMN Indonesia di Korea Selatan, wakil organisasi masyarakat, diaspora, pelajar dan media Indonesia.

Dalam prosesi tersebut, Duta Besar Gandi menyematkan tanda Satya Lancana Karya Satya XX Tahun kepada dua aparatur sipil negara yang bertugas di KBRI Seoul, yaitu Atase Imigrasi dan Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Ekonomi Kreatif dan Digital, Percepatan Start Up dan Diplomasi Publik.

Setelah upacara selesai, seluruh peserta melanjutkan perayaan kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Duta Besar Gandi. Dalam sambutannya, ia menggarisbawahi pentingnya kerja keras dan kolaborasi antar seluruh unsur masyarakat yang berada di Korea Selatan untuk membangun Indonesia, meski berada jauh dari Tanah Air.

 

4 dari 4 halaman

Komitmen KBRI Seoul

Sesuai tema HUT ke-78 RI "Terus Melaju untuk Indonesia Maju", KBRI Seoul menekankan komitmennya melanjutkan estafet perjuangan membangun Indonesia dari Negeri Ginseng melalui kerja sama di berbagai bidang strategis dengan Korea Selatan. Selain itu, KBRI Seoul juga berjanji akan terus memberikan pelayanan optimal bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) di wilayah Korea Selatan.

Rangkaian perayaan HUT ke-78 RI di KBRI Seoul sendiri sudah dimulai sejak 29 Juli 2023, yang melakukan ragam kegiatan termasuk jalan santai keluarga besar KBRI Seoul dan BUMN Indonesia di Seoul, permainan bersama keluarga, pertandingan bowling, serta pertandingan olah raga seperti catur dan tenis meja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.