Sukses

Ukraina Usulkan Formula 10 Poin untuk Perdamaian Perang Rusia dalam KTT 40 Negara di Jeddah Arab Saudi

Ukraina telah mengusulkan formula perdamaian 10 poin pada pembicaraan di Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu 5 Agustus 2023, menurut laporan.

Liputan6.com, Jeddah - Ukraina telah mengusulkan formula perdamaian 10 poin pada pembicaraan di Jeddah, Arab Saudi pada Sabtu 5 Agustus 2023, menurut laporan.

Pejabat senior dari sekitar 40 negara termasuk AS, China dan India bertemu di Jeddah untuk diskusi yang akan mengarah pada kesepakatan tentang prinsip-prinsip utama untuk mengakhiri perang Rusia di Ukraina secara damai.

Sebuah sumber dari delegasi Ukraina mengatakan kepada Al-Arabiya dan Al-Hadath bahwa proposal 10 poin tersebut "didukung oleh beberapa negara", demikian seperti dikutip dari Eurasia Review, Senin (7/8/2023).

Pertemuan dua hari itu merupakan bagian dari dorongan diplomatik oleh Ukraina untuk membangun dukungan di luar komunitas negara-negara Barat, dengan menjangkau negara-negara Global South untuk membantu mencapai solusi atas konflik, yang telah memukul ekonomi global.

Kantor Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pekan ini bahwa pertemuan itu akan berfokus pada formula perdamaian 10 poin yang menyerukan penarikan penuh pasukan Rusia dari wilayah Ukraina.

Pertemuan Jeddah Arab Saudi mengikuti pembicaraan di Kopenhagen pada Juni 2023 yang dirancang untuk menjadi informal dan tidak menghasilkan pernyataan resmi, dan sumber Ukraina mengatakan formula perdamaian 10 poin "menerima lebih banyak dukungan daripada di Kopenhagen."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri AS dan China

Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, Jake Sullivan memimpin delegasi Washington ke kota Saudi, kata seorang pejabat senior Gedung Putih.

Pertemuan itu menyoroti "kesiapan Arab Saudi untuk mengerahkan kantor-kantornya yang baik untuk berkontribusi mencapai solusi yang akan menghasilkan perdamaian permanen", kata kantor berita resmi Saudi Press Agency pada Jumat 4 Agustus.

Utusan Khusus China untuk Urusan Eurasia Li Hui juga dilaporkan berpartisipasi di Jeddah, kata kementerian luar negeri China pada Jumat 4 Agustus.

"China bersedia bekerja dengan masyarakat internasional untuk terus memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan solusi politik untuk krisis di Ukraina," Wang Wenbin, juru bicara kementerian China, mengatakan dalam sebuah pernyataan dikutip dari Eurasia Review, Sabtu (5/8/2023).

Pada Mei 2023, Kerajaan Saudi menjamu Zelensky pada pertemuan puncak Arab juga di Jeddah, di mana ia menuduh beberapa pemimpin menutup mata terhadap kengerian invasi Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini