Sukses

Permainan Angklung Siswa Indonesia Hibur Warga Tokyo di Min On Kid's Festa 2023

Siswa Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) unjuk penampilan kesenian angklung dalam Min On Kid`s Festa 2023 di Min On Culture Center, Tokyo

Liputan6.com, Tokyo - Siswa Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) memberikan performa musik angklung dalam Min On Kid`s Festa 2023 di Min On Culture Center, Tokyo pada Kamis, 27 Juli 2023. Keikutsertaan siswa SRIT ini dimaksudkan untuk menarik minat dan pengetahuan warga Jepang atas kesenian angklung Indonesia.

Kegiatan itu digelar oleh Min-On Concert Association. Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami yang hadir menyaksikan langsung acara ini dan mengapresiasi penampilan tim kesenian Angklung siswa SRIT.

“Saya berharap kesenian Angklung ini terus mendapat tempat di hati masyarakat Jepang. Penampilan siswa SRIT dalam ajang internasional ini menjadi duta perwakilan Indonesia dalam promosi kesenian dan budaya Indonesia yang bernilai tinggi di mata dunia,” ujar Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami dalam keterangan resmi KBRI Tokyo, dikutip Jumat (28/7/2023).

President Min On Concert Association Kazuto Ito mengapresiasi penampilan tim Angklung SRIT. Kepada Wakil Duta Besar John, Kazuto Ito berharap kedepannya tim angklung SRIT dapat kembali tampil di Min On Culture Center.

Turut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie selaku penanggung jawab kegiatan, yang didampingi Diplomat Muda Mukti Romadona Setianto dan Jurman Saputra Nazar.

Wakil Kepala SRIT Arie Nursanti yang juga pelatih kesenian angklung di SRIT menjelaskan aktivitas kesenian di SRIT menjadi bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar.

“Anak-anak rutin berlatih setiap pekan. Aktivitas kesenian untuk anak-anak menjadi bagian penting dari kegiatan belajar mengajar di SRIT. Untuk acara ini, kami mulai rutin latihan sejak awal pekan ini,” kata Arie Nursanti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penuh Antusiasme

Ursula salah seorang siswa SRIT yang ikut tampil dalam acara ini mengaku senang dapat tampil memainkan angklung di hadapan warga Jepang. Hal senada disampaikan Radifan yang mengaku sudah latihan maksimal untuk dapat tampil di kegiatan ini.

Warga Jepang yang hadir di acara ini memberi sambutan yang cukup meriah dari 45 menit penampilan 25 siswa dan siswi tim angklung SRIT. Tujuh lagu yang dibawakan dalam pertunjukan angklung ini di antaranya adalah Tokecang dan Sakura.

Selain penampilan pertunjukan angklung, para siswa SRIT ini juga menggelar workshop Angklung kepada Warga Jepang yang antusias mencoba memainkan angklung.

Min-On Music Association yang didirikan pada 1963 di Jepang bertujuan mempromosikan musik internasional dan pertukaran seni pertunjukan. Sejak berdiri Min On telah mengundang ribuan musisi dan artis pertunjukan lebih dari 100 negara termasuk Indonesia untuk tampil di Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.