Sukses

Daftar Kota Paling Layak Huni Tahun 2023, Satu dari Asia dan Kanada Paling Banyak

Peringkat kota paling layak huni di dunia untuk tahun 2023 telah dirilis oleh Economist Intelligence Unit (EIU), dan kota Wina di Austria menempati peringkat pertama. Simak artikel ini untuk melihat daftar 10 besar kota paling layak dihuni tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu kota Austria menempati peringkat pertama dalam daftar kota paling layak dihuni tahun ini. Dijuluki sebagai “city of dreams” alias kota impian. 

Mengutip dari CNN, Minggu (25/6/2023), Wina kembali menjadi yang teratas dalam daftar peringkat world’s most liveable cities (kota paling layak huni di dunia) tahun 2023 yang belum lama ini dirilis Economist Intelligence Unit (EIU). 

EIU, organisasi saudara dari The Economist, memeringkat 173 kota di seluruh dunia berdasarkan sejumlah faktor penting, termasuk perawatan kesehatan, pendidikan, stabilitas, infrastruktur, dan lingkungan.

Hasilnya menunjukkan Wina menempati posisi pertama di Global Liveability Index EIU, memenangkan pujian atas infrastrukturnya yang andal, budaya dan hiburan yang menonjol, serta layanan pendidikan dan kesehatan yang sempurna.

Kota itu telah berhasil menempati posisi teratas beberapa kali selama bertahun-tahun, diikuti oleh Kopenhagen Denmark, yang mempertahankan posisi kedua.

Kemudian tahun ini, ada peningkatan besar yang tak terduga dari kota Melbourne dan Sydney. Beberapa tahun terakhir, Sydney sempat keluar dari 10 besar dan Melbourne berada di posisi ke-10 pada tahun 2022. Kini keduanya telah bangkit kembali menempati posisi ketiga dan keempat.

Tetapi negara dengan kota yang paling banyak menempati posisi 10 besar adalah Kanada. Terwakili oleh tiga kotanya - Calgary, Vancouver dan Toronto.

Osaka, yang mengalami peningkatan kecil dalam peringkat budaya dan lingkungannya karena pencabutan pembatasan terkait COVID-19, juga masuk dalam 10 besar.

“Penghapusan pembatasan terkait COVID secara keseluruhan menjadi pertanda baik untuk kelayakan hidup global pada tahun 2023,” Upasana Dutt, Kepala Indeks Kelangsungan Hidup di EIU, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Pendidikan menjadi lebih kuat dengan anak-anak kembali ke sekolah bersamaan dengan berkurangnya beban rumah sakit dan sistem perawatan kesehatan secara signifikan, dengan beberapa peningkatan penting di kota-kota di negara berkembang di Asia dan Timur Tengah.

“Saat poros politik dan ekonomi dunia terus bergeser ke arah timur, kami memperkirakan kota-kota di wilayah ini akan naik perlahan peringkat kelayakan huninya.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kota yang Turun Peringkat

Meskipun Eropa memiliki posisi kuat dengan kota-kotanya di daftar teratas, banyak dari kota mereka juga mengalami penurunan peringkat terbesar tahun ini.

Ibu kota Inggris London dan ibu kota Swedia Stockholm sama-sama mengalami penurunan peringkat, sebelumnya turun 12 peringkat ke posisi 46 dan yang terakhir turun 22 peringkat ke posisi 43.

Dan setelah ibu kota Skotlandia, Edinburgh, memasuki survei kelayakan untuk pertama kalinya pada tahun 2022 di No. 35, tahun ini turun ke posisi 58.

“Tidak satu pun dari kota-kota ini yang mengalami penurunan tajam dalam skor indeks mereka, tetapi mereka gagal membuat keuntungan yang dicapai banyak kota lain – terutama yang ada di Asia – dalam setahun terakhir,” tulis laporan tersebut.

Skor indeks rata-rata di 172 kota (tidak termasuk Kyiv di Ukraina) kini telah mencapai 76,2 dari 100, skor tertinggi dalam 15 tahun.

Menurut laporan tersebut, skor layanan kesehatan paling meningkat. Sektor pendidikan, budaya dan hiburan, serta infrastruktur juga lebih tinggi.

3 dari 5 halaman

Penurunan stabilitas

Namun, stabilitas telah mengalami penurunan "marjinal" karena "kerusuhan sipil di banyak kota di tengah krisis biaya hidup, serta peningkatan kejahatan di beberapa kota."

"Dari lima kategori yang tercakup dalam indeks kami, hanya stabilitas yang mengalami penurunan," kata Barsali Bhattacharyya, Manajer Riset Industri, EIU.

“Ketegangan pada ketertiban umum dan hambatan ekonomi juga telah meningkatkan kasus kejahatan di beberapa kota, dan ini akan terus menjadi risiko di masa depan. Semua ini menunjukkan bahwa skor stabilitas dalam Indeks Kelangsungan Hidup kami tidak mungkin pulih dengan cepat.”

Honolulu, kota terbesar Hawaii adalah entri AS tertinggi, berada di posisi ke-25.

Destinasi populer, rumah bagi pantai Waikiki yang terkenal, naik enam peringkat tahun ini berkat peningkatan skor perawatan kesehatan, "sebagian karena hilangnya tekanan pada sistem perawatan kesehatan terkait COVID-19."

 

4 dari 5 halaman

Kota Paling Tidak Layak Huni

Dalam daftar world’s most liveable cities (kota paling layak huni di dunia) tahun 2023 yang belum lama ini dirilis Economist Intelligence Unit (EIU), kota AS lainnya, San Diego menempati peringkat 61 dan Los Angeles di posisi 57, keduanya turun 17 peringkat.

Tahun ini, ada sedikit perubahan di bagian bawah daftarnya. Dengan kota-kota yang dilanda kerusuhan sipil dan konflik militer yang sedang berlangsung, mendapat skor terendah dibandingkan akibat masalah lainnya.

Kota Aljazair di Aljazair, Tripoli di Libya, dan Damaskus di Suriah menduduki peringkat tiga kota paling tidak layak huni di dunia.

Damaskus, yang secara konsisten menjadi salah satu kota dengan peringkat terendah dalam survei, tidak mengalami peningkatan dalam skor kelayakan hidup tahun ini.

Namun, kota Ukraina Kyiv, yang hilang dari daftar 2022 karena invasi Rusia pada Februari 2022, turun dari daftar tahun ini sebagai akibat langsung dari dampak perang, dan sekarang berada di peringkat antara 10 kota paling tidak layak huni di dunia.

"Perang di Ukraina dan gangguan ekonomi dan politik yang diakibatkannya memengaruhi kelayakan huni di banyak kota Eropa," bunyi laporan tersebut.

5 dari 5 halaman

Daftar 10 Kota Paling Layak Dihuni Tahun 2023 Versi EIU

1. Vienna, Austria

2. Copenhagen, Denmark

3. Melbourne, Australia

4. Sydney, Australia

5. Vancouver, Canada

6. Zurich, Switzerland

7. Calgary, Canada

7. Geneva, Switzerland

9. Toronto, Canada

10. Osaka, Japan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.