Sukses

Timor Leste Pertama Kalinya Hadir di KTT ASEAN, Jokowi: PM Taur Matan Ruak, Selamat Bergabung di Keluarga ASEAN

Indonesia yang memegang keketuaan ASEAN 2023 mendukung Timor Leste mendapat keanggotaan penuh di ASEAN.

Liputan6.com, Labuan Bajo - KTT ASEAN 2023 mencatatkan sejarah tersendiri. Salah satunya, ini menjadi kali pertama perdana menteri Timor Leste menghadiri pertemuan puncak para kepala ASEAN tersebut.

Saat ini, Timor Leste masih berstatus observer. Indonesia yang memegang keketuaan ASEAN 2023 mendukung Timor Leste mendapat keanggotaan penuh di ASEAN.

Kehadiran perdana pemimpin Timor Leste tersebut disambut hangat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Selamat pagi yang mulia para pemimpin ASEAN, selamat datang di KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Indonesia. Saya ingin menyambut Yang Mulia Datuk Sri Anwar Ibrahim Perdana Menteri Malaysia, dan Yang Mulia Sonexay Siphandone Perdana Mentari Laos," ujar Presiden Jokowi dalam pembukaan KTT ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023).

Presiden Jokowi melanjutkan, "Yang Mulia Taur Matan Ruak Perdana Menteri Timor Leste, selamat bergabung di keluarga ASEAN."

Dalam kesempatan yang sama, PM Taur Matan Ruak mengucapkan terima kasih karena akhirnya dapat berpartisipasi dalam KTT ASEAN.

"Presiden Joko Widodo terima kasih telah menyelenggarakan pertemuan dengan pemimpin ASEAN. Yang mulia para menteri luar legeri, sekjen ASEAN, merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk hadir pertama kalinya pada KTT para pemimpin ASEAN dan ini merupakan bab baru dari sejarah negara kita," kata PM Taur Matan Ruak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Konsisten Dukung Keanggotaan Timor Leste di ASEAN

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) Teuku Faizasyah di Labuan Bajo pada Sabtu (6/5) menegaskan bahwa Indonesia secara konsisten terus mendukung masuknya Timor Leste menjadi anggota ASEAN ke-11.

Faizasyah menjelaskan bahwa pembahasan untuk penyempurnaan peta jalan bagi keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN masih terus berlangsung dalam ASEAN Coordinating Council Working Group on Timor-Leste (ACC-WGTL).

Terdapat sejumlah kriteria yang masih harus dipenuhi Timor Leste, di antaranya adalah penyesuaian aturan nasional terkait kesepakatan dan dokumen ASEAN, serta pembentukan misi diplomatik Timor Leste untuk ASEAN.

Dalam kaitan persiapan tersebut, Indonesia telah memberikan beberapa program bantuan peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Timor Leste.

Pada KTT ASEAN sebelumnya di Phnom Penh, November 2022, secara prinsip telah disetujui masuknya Timor Leste menjadi anggota ASEAN ke-11.

Kemudian pada Februari 2023, ASEAN Coordinating Council (ACC) tingkat menteri luar negeri ASEAN telah mengadopsi Pedoman Pelaksanaan Status Pengamat yang diberikan kepada Timor Leste di ASEAN. Menteri Luar Negeri Timor-Leste Adaljiza Magno turut hadir sebagai pengamat dalam pertemuan itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini