Sukses

Menteri Uganda Charles Engola Tewas Ditembak Pengawalnya, Diduga Berselisih Soal Gaji

Charles Engola bertugas di pemerintahan Presiden Yoweri Museveni sebagai menteri muda yang membidangi tenaga kerja.

Liputan6.com, Kampala - Seorang prajurit tentara nasional Uganda menembak mati seorang menteri yang dikawalnya pada Selasa (2/5/2023) pagi waktu setempat. Pelaku, yang belum diungkap identitasnya, kemudian menembak mati dirinya sendiri.

Korban adalah Charles Engola yang bertugas di pemerintahan Presiden Yoweri Museveni sebagai menteri muda yang membidangi tenaga kerja. Dia adalah pensiunan kolonel tentara.

Juru bicara Angkatan Darat Brigjen Felix Kulayigye mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa "insiden yang tidak menguntungkan" menyebabkan pembunuhan Engola.

"Kami akan memberi tahu publik detailnya saat kami bersama-sama menyelidiki masalah ini," twit Kulayigye.

Penembakan Engola terjadi di dalam rumahnya di pinggiran ibu kota Kampala. Detektif polisi disebut tengah berada di tempat kejadian.

Motif penembakan Engola belum jelas, tetapi media lokal melaporkan bahwa ada perselisihan terkait gaji sang prajurit.

"Saksi mengklaim bahwa prajurit itu berteriak bahwa dia sudah lama tidak dibayar meskipun bekerja untuk seorang menteri," lapor media online NilePost seperti dilansir AP, Selasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.