Sukses

7 Skandal Kontroversial Anak-anak Presiden AS, Pemalsuan Identitas hingga Bisnis Ilegal

Anak-anak presiden tidak selamanya disorot media dengan hal-hal yang baik. Ini tujuh skandal yang pernah dialami anak-anak presiden Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Washington, D.C. - Sebagai anak dari seorang presiden, kehidupannya kerap kali disorot media. Namun, tidak semuanya selalu baik. 

Terdapat beberapa kasus kontroversial yang melibatkan anak-anak presiden. Berita utama dari seluruh dunia pun lantas menyoroti skandal-skandal kontroversial tersebut.

Melansir dari Insider Business, Selasa (2/5/2023), inilah beberapa skandal yang pernah dialami anak-anak presiden Amerika Serikat (AS) mulai dari putri mantan presiden AS ke-43 George W. Bush, hingga Donald Trump Jr. selaku putra mantan presiden AS ke-45 Donald Trump. 

1. Amy Carter, putri mantan presiden AS ke-39 Jimmy Carter

Amy Carter, putri mantan Presiden Jimmy Carter, baru berusia sembilan tahun ketika ayahnya terpilih menjadi presiden AS. Amy berusia 13 tahun ketika ayahnya kalah dalam pemilihan kembali pada 1980. Namun, sepanjang akhir 1980-an dan 1990-an, Amy menjadi aktivis terkenal untuk sejumlah kegiatan politik, dan bahkan memiliki beberapa perselisihan dengan hukum selama waktu itu.

Berdasarkan The New York Times, Amy saat itu berusia 17 tahun ketika ia ditangkap pada 1985 selama demonstrasi anti-apartheid di kedutaan Afrika Selatan di Washington, D.C., meskipun ia mengklaim bahwa ia "bertindak atas izin ayahnya".

Amy adalah salah satu dari lebih dari 1.500 orang dalam kurun waktu tiga bulan yang ditahan di dekat kedutaan selama protes terhadap kebijakan apartheid Afrika Selatan. Putra Presiden Jimmy Carter, Chip, juga berdemonstrasi di kedutaan hari itu, tetapi ia tidak ditangkap.

Amy ditangkap lagi pada 1987 selama demonstrasi anti-CIA, meskipun ia dan 14 pengunjuk rasa lainnya dibebaskan dari pelanggaran dan perilaku tidak tertib. Sementara aktivisme politiknya menjadi berita utama, sifat pemberontak Amy juga menyebabkan ia dikeluarkan dari Brown University karena alasan akademik pada 1987.

Menurut The Washington Post, "sumber yang dapat dipercaya" memberi tahu Providence Journal-Bulletin bahwa setelah tahun kedua Amy, ia diminta untuk tidak kembali setelah gagal menyelesaikan kursusnya. Amy melanjutkan untuk mengejar gelar master dalam sejarah seni di Tulane University di New Orleans, di mana ia bertemu dengan suaminya James Wentzel, seorang konsultan komputer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Neil Bush, putra mantan presiden AS ke-41 George H. W. Bush

Regulator federal pernah menggugat Neil Bush, putra dari George H.W. Bush, pada 1990 atas dugaan "peraturan konflik kepentingan". Kemudian, sebagai direktur Silverado Banking, Savings and Loan Association, Neil diduga gagal bertindak untuk menghentikan lembaga tersebut dari memberikan pinjaman yang tidak benar dan bahkan ilegal.

Runtuhnya perusahaan pada 1988 merugikan pembayar pajak lebih dari US$1 miliar. Mantan karyawan lainnya, seperti direktur, pejabat, dan pengacara, juga disebutkan dalam gugatan tersebut.

Neil tidak didakwa atas tuduhan kriminal apa pun, meskipun ia setuju untuk membayar US$50.000 dalam penyelesaian di luar pengadilan.

"Saya kebetulan salah satu dari ratusan pengusaha dan perempuan Amerika lainnya yang menjabat sebagai direktur luar di dewan lembaga simpan pinjam yang gagal selama tahun 1980-an," tulis Bush pada 2003.

"Saya menyesalkan bahwa kegagalan lembaga itu merugikan banyak uang pembayar pajak."

Kini, Neil memimpin dewan direksi di berbagai yayasan termasuk Points of Light, sebuah kelompok filantropi yang didirikan ayahnya.

 

3 dari 4 halaman

3. Jenna Bush, putri mantan presiden AS ke-43 George W. Bush

Jenna Bush dan saudara kembarnya, Barbara, menjadi pembicaraan pada awal 2000-an, meskipun itu tidak selalu karena alasan yang tepat. Pada 2001, ketika Jenna adalah mahasiswa baru di University of Texas, ia dikutip atas dua dugaan pelanggaran minum di bawah umur yakni kepemilikan alkohol sebagai anak di bawah umur, dan mencoba menggunakan identitas palsu untuk membeli alkohol di restoran Austin.

Insiden itu terjadi dalam rentang waktu lima minggu dan merupakan pelanggaran ringan, meskipun insiden tersebut juga menjadi berita utama nasional. Jenna mengaku tidak mempermasalahkan tuduhan kepemilikan alkohol, ia pun diperintahkan untuk membayar US$51,25 untuk biaya pengadilan, menjalani delapan jam pelayanan masyarakat, dan menghadiri enam jam kelas kesadaran alkohol.

Setelah ia juga memohon tidak ada kontes untuk mencoba menggunakan identitas orang lain untuk alkohol, SIM-nya ditangguhkan selama 30 hari, dan ia harus membayar total US$600.

"Saya merasa malu, dan saya merasa sangat sedih untuk [ayah saya] karena saya pikir ini akan membuatnya terlihat buruk," kata Jenna pada Maret 2020.

Meskipun kasus itu adalah berita halaman depan pada saat itu, Jenna mengatakan ia sekarang bisa menertawakannya.

"Semua orang tahu saya memiliki ID palsu, yang sangat naif karena ayah saya adalah presiden," ungkapnya. 

4. Barbara Bush, putri mantan presiden AS ke-43 George W. Bush

Sementara Jenna Bush menjadi berita utama untuk dua kutipan terkait minuman di bawah umur, saudara kembarnya, Barbara, juga ditilang karena diduga memiliki alkohol selama insiden kedua.

Polisi mengklaim bahwa Barbara, yang baru saja menyelesaikan tahun pertamanya di Yale University, disuguhi alkohol di sebuah restoran Austin, menurut The Washington Post.

Pihak berwenang menuduh bahwa Jenna Bush berusaha menggunakan identitas palsu untuk membeli alkohol tetapi ditolak, meskipun tidak jelas apakah Barbara dan perempuan lainnya diminta menunjukkan identitas.

Barbara tidak mengajukan keberatan atas tuduhan kepemilikan alkohol pada Juni 2001 dan diperintahkan untuk menyelesaikan delapan jam pelayanan masyarakat, menghadiri kelas kesadaran alkohol, dan membayar denda US$100 di pengadilan.

4 dari 4 halaman

5. Malia Obama, putri mantan presiden AS ke-44 Barrack Obama

Malia Obama menemukan dirinya dalam skandal pada 2017 setelah sebuah video online muncul untuk menunjukkan ia merokok dan meniup asap berbentuk cincin.

Menurut Independent, situs berita konservatif The Daily Caller menulis sebuah artikel tentang video tersebut, yang menimbulkan kritik publik terhadap putri pertama Barrack Obama. Namun, sesama anak pertama Ivanka Trump dan Chelsea Clinton dengan cepat membela Malia, menyerukan ia dan hak privasi anak-anak presiden lainnya.

"Malia Obama harus diberi privasi yang sama dengan teman-temannya yang masih sekolah," cuit Ivanka di Twitter. 

"Ia adalah seorang dewasa muda dan warga negara swasta, dan harus diberikan privasi."

Chelsea Clinton juga menawarkan dukungannya kepada Malia dengan menulis, "Kehidupan pribadi Malia Obama, sebagai seorang perempuan muda, seorang mahasiswa, seorang warga negara, seharusnya tidak menjadi clickbait Anda. Jadilah lebih baik."

6. Donald Trump Jr., putra mantan presiden AS ke-45 Donald Trump

Meskipun Donald Trump Jr. tidak pernah memegang posisi resmi dalam pemerintahan ayahnya, ia tetap menjadi subyek kontroversi dan kemarahan publik.

Lebih dari satu dekade sebelum ayahnya memasuki Gedung Putih, Donald ditangkap pada 2001 karena mabuk di depan umum selama Mardi Gras di New Orleans, Louisiana.

Ia juga kemudian mendapat kecaman untuk cuitan (tweet) pada 2016 yang ditujukan untuk Pengungsi Suriah, di mana ia mengunggah gambar yang memiliki teks, "Jika saya memiliki semangkuk Skittle dan saya katakan hanya tiga yang akan membunuh Anda, maukah Anda mengambil segenggam? Itu masalah pengungsi Suriah kami."

Ia berkomentar, "Gambar ini menjelaskan semuanya. Mari kita akhiri agenda yang benar secara politis yang tidak mengutamakan Amerika. #trump2016."

Unggahan itu menerima begitu banyak reaksi, sehingga seorang eksekutif Skittles bahkan mengeluarkan pernyataannya sendiri.

"Skittles adalah permen. Pengungsi adalah manusia," kata Denise Young, wakil presiden urusan perusahaan Wrigley America, yang memiliki Skittles.

"Kami tidak merasa itu adalah analogi yang tepat."

Pada 2019, Donald menghadapi kritik atas praktik berburunya. Dalam perjalanan ke Mongolia, ia berburu jenis domba yang terancam punah dan kemudian bertemu dengan presiden Mongolia. Ia diberikan izin untuk berburu domba setelah ia menyembelihnya, menurut ProPublica.

Ia bepergian dengan Secret Service, membebani pembayar pajak lebih dari US$75.000 untuk perjalanan delapan hari, menurut dokumen yang diperoleh oleh kelompok pengawas pemerintah. Menurut sumber yang dekat dengan putra presiden, Donald membayar sendiri semua perjalanan itu selain dari keamanan.

 

7. Hunter Biden, putra mantan presiden AS ke-46 Joe Biden

Berdasarkan The New York Times, penyelidikan dimulai atas pajak Hunter Biden, meskipun diperluas pada 2018 untuk mencakup kemungkinan pelanggaran pidana terhadap undang-undang perpajakan, aturan lobi asing, dan kemungkinan pencucian uang.

Hunter sebelumnya mengatakan ia menangani urusan pajaknya "secara legal dan tepat," dan The New York Times melaporkan pada Maret 2022 bahwa Hunter telah "melunasi kewajiban pajak yang signifikan," yang menurut para ahli dapat mempersulit pelanggaran terkait pajak untuk bertahan.

Kemudian, pada 2020, mantan Presiden Donald Trump berusaha meluncurkan penyelidikannya sendiri atas keterlibatan Hunter dengan Burisma Holdings, perusahaan energi Ukraina.

Mempertanyakan transaksi Hunter dengan perusahaan, dan apakah ia menggunakan koneksi politiknya untuk keuntungan finansial, menyoroti negatif kampanye ayahnya dan menjadi bahan pembicaraan bagi Donald yang mencari pemilihan suaranya kembali. Baik Hunter dan ayahnya, Joe Biden, membantah melakukan kesalahan dalam berurusan dengan Ukraina dan negara lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini