Sukses

10 Fakta Aneh dan Mengejutkan Pada Kucing, Wajib Diketahui Bagi Pemilik Hewan Ini

Kucing dikenal dengan perilaku dan keanehannya yang tidak biasa, dan ada beberapa fakta aneh yang mengejutkan tentang mereka, yang jarang diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Kucing sering dikenal karena perilaku dan keanehannya yang tidak biasa. Sementara banyak pecinta kucing mengira mereka tahu segalanya tentang peliharaanya tersebut, masih ada beberapa fakta aneh dan mengejutkan tentang kucing yang tidak diketahui banyak orang.

Berikut adalah 10 fakta paling aneh tentang kucing yang telah Liputan6.com rangkum dan mengutip dari Al Arabiya English, Rabu (5/4/2023).

1. Kucing Memiliki Indra Keenam

Meskipun karakteristik ini tidak secara ilmiah dikenal sebagai indra keenam, indra pada kucing lebih sensitif dan memberi mereka kemampuan luar biasa untuk merasakan getaran dan frekuensi yang tidak dapat dirasakan oleh manusia.

Misalnya, mereka dapat mendeteksi perubahan halus di udara, yang memungkinkan mereka merasakan bahaya yang mendekat atau bahkan mendeteksi gempa bumi sebelum manusia dapat melakukannya.

2. Kucing Doyan Susu

Kebanyakan kucing menyukai susu, tetapi tidak semua kucing dapat mencernanya dengan baik. Laktosa dalam susu dapat menyebabkan masalah pencernaan pada beberapa kucing, jadi sebaiknya beri mereka susu dalam jumlah yang sedang saja.

3. Kucing Bisa Melihat Dalam Gelap

Kucing memiliki lapisan sel yang disebut tapetum lucidum yang memantulkan cahaya kembali melalui retina, hal ini memungkinkan mereka untuk melihat dalam kondisi gelap atau kurang cahaya – alasan mata mereka tampak bersinar dalam gelap.

4. Kucing Memiliki Cakar yang Bisa Ditarik

Tidak seperti anjing, kucing memiliki cakar yang dapat ditarik yang dapat diperpanjang dan ditarik kembali sesuka hati. Hal ini memungkinkan mereka untuk memanjat pohon dan menangkap mangsa tanpa merusak cakarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. Kucing Adalah Pemburu yang Hebat

Kucing adalah pemburu alami, dan indera tajam serta refleks cepat membuat mereka menjadi predator yang tangguh. Mereka dapat menangkap mangsa dengan kecepatan dan kelincahan yang luar biasa dan dikenal sangat efektif dalam menangkap hewan pengerat.

6. Kucing Tidak Bisa Merasakan Rasa Manis

Tidak seperti manusia dan banyak hewan lainnya, kucing ternyata tidak memiliki indra perasa yang dapat mendeteksi rasa manis. Hal ini diduga karena pola makan mereka yang tinggi protein tidak mengharuskan mereka menyukai makanan manis.

Menurut laporan NPR, "Salah satu dari dua gen yang diperlukan untuk membuat reseptor rasa manis pada kucing dimatikan secara permanen jutaan tahun yang lalu".

7. Kucing Memijat

Saat kucing memijat dengan cakarnya, itu adalah perilaku yang sering dikaitkan dengan kasih sayang dan kepuasan. Perilaku ini dianggap sebagai peninggalan sejak kucing masih kecil dan meremas kelenjar susu induknya untuk merangsang aliran susu.

3 dari 4 halaman

8. Kucing Bisa Mabuk Catnip

Catnip adalah tanaman yang mengandung bahan kimia yang disebut nepetalactone, yang dapat memicu respons pada kucing yang membuatnya merasakan euforia dan mabuk. Tidak semua kucing suka catnip, tetapi catnip dapat membuat mereka bisa menjadi sangat lucu dan bahkan sedikit liar.

9. Kucing Memiliki Bahasa Sosial

Kucing berkomunikasi satu sama lain menggunakan berbagai vokalisasi, bahasa tubuh, dan penandaan aroma. Mereka dapat menyampaikan berbagai emosi dan bahkan niat mereka, mulai dari kasih sayang dan kesenangan, hingga agresi dan ketakutan.

10. Kucing Memiliki Indra Penciuman yang Kuat

Kucing memiliki indra penciuman yang luar biasa yaitu sekitar 14 kali lebih kuat daripada manusia. Mereka menggunakan indra penciumannya untuk mendeteksi mangsa, mengidentifikasi kucing lain, dan menandai wilayah mereka. 

4 dari 4 halaman

Studi: Kucing Bantu Menyelamatkan Anda dari Hubungan yang Buruk

Selain itu, kucing juga mempunyai fakta bahwa kucing bisa memperkuat hubungan dan membantu pemiliknya untuk mendapatkan pasangan yang ideal di masa depan. 

Dalam sebuah studi oleh Purina Pro Plan LiveClear dan Human-Animal Bond Research Institute, dikatakan bahwa kucing dapat membantu pemiliknya membangun ikatan cinta sesama manusia. 

Sebuah hubungan yang kuat pada dasarnya berasal dari individu yang sehat dan bahagia yang membawa versi terbaik diri mereka ke sebuah hubungan. Salah satu cara untuk menciptakan perasaan bahagia tersebut adalah dengan sedikit terapi hewan, seperti kucing.

mengelus kucing dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan kortisol atau disebut hormon stres," kata pakar hubungan dan penulis, Andrea Syrtash. 

Rasa bahagia tersebut diterjemahkan secara positif ke dalam sesuatu yang Anda bawa dan cari dalam hubungan. Syrtash juga menunjukkan bahwa kebahagiaan dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik.

Baca selengkapnya di sini... 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.