Sukses

Ibu Abby Choi Kunjungi Lokasi Mutilasi, Pencarian Potongan Tubuh Dilanjutkan di TPA

Potongan tubuh Abby Choi sedang dicari aparat di sebuah tempat pembuangan akhir (TPA) yang berlokasi di Ta Kwu Ling.

Liputan6.com, Hong Kong - Jenazah dari sosialita dan model Abby Choi telah diidentifikasi oleh pihak keluarga. Sementara, polisi masih terus mencari potongan tubuh Abby Choi yang menghilang.

Dilaporkan The Standard, Rabu (1/3/2023), sekitar 130 polisi telah mencari potongan tubuh Abby Choi pada Selasa kemarin. Polisi masih mencari bagian tangan dan torso dari Abby Choi.

Petugas menemukan tulang di TPA tersebut, namun belum bisa memastikan apakah itu merupakan sisa tulang manusia atau hewan. Tulang tersebut telah dikirim ke laboratorium untuk pengujian.

TPA itu menjadi sasaran pencarian polisi Hong Kong karena para tersangka, termasuk mantan suami dan ipar Abby Choi, dicurigai membuang potongan tubuh Abby di lokasi tersebut.

Superintendent Alan Chung Nga-lun dari unit kejahatan regional Kowloon Barat telah memperkirakan bahwa butuh tiga hari untuk menyelesaikan pencarian. Ia percaya diri akan ada bukti-bukti yang ditemukan.

Lung Mei Village

Ibu dari Abby Choi dan keluarga telah mengunjungi Lung Mei Village yang menjadi tempat pembunuhan. Ia datang bersama pasangan Abby, yakni Chris Tam.

"Saya sangat bersyukur karena pernah bertemu denganmu," ujar Chris Tam. Ibu Abby Choi tampak bersandar di bahu Chris.

Kunjungan itu dilakukan pada tujuh hari usai kematian Abby Choi. Sebelumnya, pihak keluarga mengidentifikasi jenazah Abby di kamar mayat. Sosialita itu disebut kehilangan nyawa pada Selasa 21 Februari 2023, ketika ia hilang kontak.

Polisi juga menangkap tersangka kelima yang merupakan kekasih dari mantan ayah mertua Abby. Ia disebut membantu menyewakan lokasi tempat mutilasi Abby. Wanita itu tidak ditahan karena boleh memberikan uang jaminan. Sementara, Alex Kwong dan keluarganya tak mendapat keringanan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepala Abby Choi Ditemukan di Panci Besar

 Polisi Hong Kong berhasil menemukan kepala dari sosialita Abby Choi (28). Kepala Abby Choi itu sempat hilang dan dicari-cari polisi setelah dimutilasi keluarga mantan suaminya. 

Berdasarkan laporan The Standard, Minggu (26/2/2023), polisi menemukan kepala Abby Choi di sebuah panci (pot) berukuran besar. Kepala dari Abby ditemukan di rumah kawasan Lung Mei. Rumah itu diduga dipakai pelaku untuk menghabisi Abby.

Sebelumnya, polisi menemukan kaki Abby di Lung Mei. Kemudian, aparat sempat mencari potongan tubuh Abby Choi di sebuah kuburan di Tseung Kwan O. Ternyata, kepala Abby juga ada di Lung Mei. 

Tulang iga Abby juga ditemukan di lokasi tersebut.

Mantan suami dari Abby Choi, yakni Alex Kwong, telah ditangkap. Bapak dan kakak dari Alex Kwong juga sudah ditangkap atas tuduhan pembunuhan. 

Hingga kini, ucapan belasungkawa dari netizen masih terus membanjiri Instagram kepada sang sosialita dengan berbagai bahasa, seperti Inggris dan Mandarin.

"Selamat jalan, semoga kamu beristirahat dengan damai. Istri saya dan saya mengenalmu sebagai orang yang sangat baik, amat bersyukur bisa mengenalmu. RIP," tulis seorang netizen.

"Rest in peace dear Abby 😢," ujar netizen lain.

Ada juga netizen yang mendoakan agar anak-anak dari Abby yang ditinggalkan dapat mendapatkan kebaikan.

Menurut laporan Dimsum Daily, sosialita Hong Kong itu memiliki empat orang anak. Dua berasal dari hubungan dengan Alex Kwong, sementara dua lagi berasal dari hubungannya dengan pria bernama Chris Tam. Abby dan Chris belum menikah secara legal. Sama seperti Abby, Chris juga disebut berasal dari keluarga yang berada.

3 dari 4 halaman

Kabar Sebelumnya

Sosialita Hong Kong, Abby Choi (28), dibunuh secara sadis dan tubuhnya dimutilasi. Kasus mutilasi ini menjadi sorotan di Hong Kong karena diduga melibatkan mantan suami dan mertua korban. 

Di tempat kejadian perkara, polisi menemukan meat grinder, gergaji, sarung tangan, hingga masker. Sisa daging manusia juga ditemukan.

Berdasarkan laporan media Singapura, Mothership, Abby Choi awalnya dilaporkan tak bisa dikontak pada 21 Februari 2023. Keluarga korban lantas melaporkan ke polisi pada keesokan harinya. Polisi awalnya memeriksa sopir Abby yang merupakan mantan kakak ipar dari wanita tersebut.

Sopir itu mengaku Abby kabur dari mobil, namun polisi curiga karena kamera mobil dirusak. 

Pada 24 Februari 2023, polisi akhirnya menahan kakak ipar Abby, serta mertua Abby, karena terkait kasus pembunuhan. Pada hari yang sama, polisi mengunjungi sebuah rumah di kawasan Lung Mei yang diduga merupakan lokasi kriminal.

Di lokasi itu polisi menemukan berbagai benda seperti gergaji dan meat grinder. Ada juga sesuatu yang mirip daging manusia di dalam dua buah pot sup. 

Saat polisi buka kulkas, kaki dari Abby Choi ditemukan. Akan tetapi bagian tubuh yang lain, seperti kepala, tidak ditemukan polisi. Polisi meyakini rumah itu disewa memang untuk melaksanakan pembunuhan kepada Abby Choi, sebab rumah itu tidak dilengkapi furnitur untuk tempat tinggal. 

Polisi lantas juga berhasil menangkap Alex Kwong yang merupakan mantan suami dari Abby. Alex ditangkap di daerah pelabuhan Tung Chung. Ia diduga bersiap kabur dari Hong Kong.

4 dari 4 halaman

Masalah Properti

Mothership melaporkan bahwa pertikaian antara Abby Choi dan keluarga mantan suaminya adalah akibat masalah properti. Abby membelikan properti tersebut untuk keluarga mantan suaminya, namun ia ingin menjualnya. Perseteruan pun terjadi. 

Mantan suaminya juga pernah tersandung masalah hukum. Sebelumnya, Alex terlibat penipuan soal emas. Abby Choi pun telah kembali menikah dan berkeluarga dengan pria lain. 

Menurut laporan Dimsum Daily di Hong Kong, Abby memang menafkahi keluarga mantan suaminya itu. Hubungan antara Abby, Alex, dan suami Abby yang baru juga dilaporkan baik-baik saja. 

Konflik mencuat akibat rencana Abby menjual apartemen yang ia belikan untuk mantan mertuanya di Kadoorie Hill. Abby disebut siap memindahkan keluarga mertuanya ke properti lain, tetapi pihak mertua tidak setuju. 

Ketika rencana pembunuhan bergulir, Abby Choi ingin menjemput anaknya di Hong Kong Science Park yang berlokasi di Tai Po pada 21 Februari 2023. Kakak iparnya pun mengantarnya dengan sebuah mobil.

Media Hong Kong menyebut Alex Kwong tiba-tiba masuk ke dalam mobil, dan pasangan itu berdebat panas. Keributan itu membuat Abby Choi menderita luka-luka dan koma. Saat Abby tak sadarkan diri, pembunuhan dan mutilasi dilaksanakan di kawasan Lung Mei.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.