Sukses

20 Fakta Aneh Hewan, Jerapah Tidur 30 Menit Sehari hingga Gajah Tak Bisa Lompat

Berikut ini fakta aneh yang mengejutkan soal hewan, salah satunya ternyata jerapah hanya tidur 30 menit sehari.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia kadang cenderung berasumsi bahwa sebagian besar hewan menjalani kehidupan yang baik. Seperti menghabiskan sepanjang hari di alam bebas, kawin, makan secara acak, dan berbaring di bawah sinar matahari.

Sejatinya ada fakta menyedihkan di balik hewan berbulu yang hidup liar, sehingga manusia akan berpikir ulang untuk menyakiti mereka. Hewan-hewan yang ada dalam daftar berikut ini akan menyadarkan Anda bahwa hidup tidak selalu indah apapun spesiesnya.

Selain itu, ada pula fakta mencengangkan terkait hewan.

Berikut ini fakta aneh yang mengejutkan soal hewan dirangkum dari ranker.com, Minggu (19/2/2023):

1. Pitbull Adalah Anjing Pengasuh Sebelum di Stereotipkan

Sebagai peliharaan, pitbull sangat cerdas, protektif, dan suka menyenangkan pemiliknya. Sayangnya stereotip baru-baru ini telah menyebabkan banyak ketakutan di sekitar ras anjing ini, yang digambarkan sebagai anjing penyerang.

Namun, dengan perawatan dan pelatihan yang tepat, anjing ini bisa jadi penyayang dan lembut.

2. Zebra Tidak  Bisa Tidur Sendiri

Zebra menjadikan tidur sebagai upaya untuk mempertahankan kelompok. Zebra jantan melindungi betina dalam kelompoknya dari zebra jantan lainnya.

3. Kesedihan Yang Menyebabkan Serigala Melolong Bukan Karena Bulan Purnama

Meskipun serigala kadang-kadang melolong untuk mengusir serigala lain dari wilayah mereka. Ternyata para ilmuwan telah menemukan bahwa beberapa lolongan memiliki sisi yang lebih lembut. 

Studi mengungkapkan bahwa serigala melolong untuk menemukan anggota kelompok mereka yang hilang. Dan semakin dekat hubungan yang dimiliki howler dengan anggota kelompok yang hilang, semakin mereka melolong untuk mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Kebanyakan Gurita Hidup Menyendiri, dan Mengajarkan Anaknya Sejak Kecil

Rata-rata sebagian besar gurita cenderung penyendiri. Beberapa bahkan akan menyembunyikan dirinya di dalam sarang dengan batu. 

Meskipun mereka kawin dengan berbagai gurita lain, mereka cenderung menjadi orang tua yang mewariskan sedikit pengetahuan kepada keturunannya.

5. Burung Butuh Gravitasi Untuk Menelan, Mereka Tidak Bisa Makan di Luar Angkasa

Meskipun NASA awalnya berpikir membawa burung ke luar angkasa akan menjadi ide yang bagus, karena pemeliharaannya sangat rendah. Rencana tersebut menjadi sangat salah ketika mereka menyadari bahwa burung tidak dapat menelan tanpa gravitasi. 

Ternyata, tenggorokan yang ada di burung sebagian besar hanyalah saluran gravitasi, itulah sebabnya mereka memiringkan kepala ke belakang untuk menelan.

6. Jerapah Hanya Tidur 20-30 Menit Sehari di Alam Liar

Kebanyakan jerapah tidak hanya tidur sambil berdiri, mereka juga tidur hanya sedikit.

Jerapah di alam liar hanya tidur sekitar 20-30 menit sehari melalui serangkaian tidur siang singkat, sehingga mereka dapat tetap waspada terhadap predator. 

3 dari 4 halaman

7. Gigi Berang-berang Tidak Berhenti Tumbuh, Sehingga Mereka Harus Selalu Mengunyah

Itu benar, hasrat berang-berang untuk terus-menerus mengunyah kayu bukan hanya aktivitas rekreasi favorit mereka. Jika mereka tidak selalu mengunyah, maka gigi mereka akan cepat tumbuh menjadi besar dan susah untuk makan.

8. Tikus Bisa Merasakan Ketika Tikus Lain Sedang Sedih

Sebuah studi dari Universitas Montreal menunjukkan bahwa tidak seperti manusia, tikus memang mengalami empati ketika salah satu rekannya sedih atau kesakitan.

9. Babi Lebih Cerdas Dibandingkan Dengan Anak Usia 3 Tahun

Babi tidak hanya terbukti lebih pintar dari anjing, tetapi bahkan bisa mengungguli rata-rata balita dalam hal kecerdasan. 

Sebuah studi di Penn State bahkan mengungkapkan bahwa mereka unggul dalam video game yang dikendalikan joy-stick bahkan lebih baik daripada kebanyakan primata.

10. Induk Opossum Menggendong Bayinya di Punggung

Bayi opossum menghabiskan kira-kira tiga bulan pertama hidup mereka di kantong induknya, di mana mereka menyusu sampai mereka cukup besar untuk merangkak keluar. 

Masih belum cukup siap untuk menghadapi dunia sendirian, namun, mereka biasanya menghabiskan sekitar dua minggu ke depan untuk berkeliaran dengan berpegangan pada bulu ibu mereka.

11. Gagak Tidak Pernah Melupakan Wajah

Penelitian menunjukkan bahwa jika seekor burung gagak merasa terancam oleh manusia. Dia akan mengingat wajah orang tersebut selama sisa hidupnya dan menyerangnya setiap ada kesempatan, dengan bantuan banyak teman burung gagaknya.

12. Sekelompok Kuda Nil Disebut Sebagai "Crash"

Mungkin karena sifat potensi kehancuran yang mungkin terjadi ketika sekelompok kuda nil Bersatu. Kawanan kuda nil disebut sebagai "crash" kuda nil.

Nama kawanan hewan aneh lainnya termasuk beruang, yang ketika berkumpul membentuk kawanan yang disebut "sleuth" dan kawanan burung gagak yang disebut "murder".

 

4 dari 4 halaman

13. Beruang Grizzly Bisa Mencium Bau Dari Jarak 18 mil

Ternyata, Winnie the Pooh tidak akan mengalami semua masalah mengenai madu ini seandainya dia hanya seorang grizzly. Grizzly dapat mencium sumber makanan dari jarak 18-20 mil.

14. Kambing Hampir Mempunyai Penglihatan 360 Derajat

Kambing memiliki pupil horizontal yang menyeramkan, bukannya bulat. Ternyata, bentuk aneh itu berguna, karena memungkinkan kambing melihat sekitar 320-340 derajat, sedangkan manusia hanya bisa melihat 160-210 derajat tanpa bergerak.

15. Gajah Tidak Bisa Melompat

Gajah tidak bisa melompat, karena menurutnya tidak perlu. Mereka cenderung lebih mengandalkan ukurannya yang besar dan satu sama lain untuk perlindungan dari pemangsa.

16. Panda Merah Mungkin Berkaitan Dengan Panda Raksasa, Walrus, atau Sigung.

Yang benar adalah panda merah sebenarnya bukan panda, dan hampir tidak berkerabat dekat dengan beruang seperti yang diduga semula. 

Meskipun para ilmuwan telah mencoba menyatukan hewan ini dengan berbagai kelompok selama bertahun-tahun, kenyataannya mereka lebih merupakan spesies mereka sendiri. 

17. Sebotol Madu Harganya $182,00 atau Rp 2,7 juta Jika Lebah Menuntut Upah Minimum

Sadanimalfacts.com, sebuah situs yang mengungkap dan kemudian mengilustrasikan fakta tentang hewan, menemukan bahwa lebah madu dibayar sangat rendah. 

18. Burung Roadrunners Menangis untuk Menjernihkan Mata dari Garam

Roadrunners adalah hewan yang sangat luar biasa. Mereka benar-benar dapat bertahan hidup tanpa air selama mereka memakan mangsa dengan kandungan air yang tinggi dan memiliki kelenjar di dekat mata mereka yang membantu mereka "menangis" untuk mengeluarkan kelebihan garam.

19. Otak Aligator Beratnya Sama Dengan 5 Buah Oreo

Meskipun aligator adalah makhluk yang luar biasa, mereka dalam daftar terbawah pada urutan massa otaknya.

Jika rata-rata otak manusia dewasa memiliki berat 1.300 - 1.400 gram, aligator memiliki berat rata-rata 8,4 gram saja.

20. Ubur-ubur Secara Harfiah Tidak Memiliki Hati

Ubur-ubur adalah makhluk laut yang benar-benar tidak memiliki hati atau tulang. Karena mereka terdiri dari sekitar 95% air.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.